Unggul Survei CRC, Salman: Ingin Masyarakat Lebih Penting dari Hasil Survei
Pasangan calon walikota dan wakil walikota Medan, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi. / Istimewa
News
Kota Medan

Unggul Survei CRC, Salman: Ingin Masyarakat Lebih Penting dari Hasil Survei

Selasa, 15 September 2020 11:38 WIB 15 September 2020, 11:38 WIB

INDOZONE.ID - Lembaga survei City Research Center (CRC) mengeluarkan rilis survei bakal paslon di Pilkada Medan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi unggul daripada Bobby Nasution-Aulia Rachman. Salman mengatakan timnya masih terus mendalami inginnya masyarakat Medan. 

"Kita lebih kepada fokusnya kepada keinginan masyarakat itu apa. Bukan hasilnya yang jadi fokus kita. Masyarakat ini jelang Pilkada Medan menginginkan apa? Ini yang ingin kita dalami," ujar Salman, Senin (14/9) malam.

Karena, inginnya masyarakat kota menjadi lebih penting daripada hasil survei elektabilitas. Perlu juga pendidikan politik kepada masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya saat Pilkada Medan Desember mendatang. 

"Jadi kita betul-betul bisa mendalami dan menghayati apa yang diinginkan masyarakat untuk Kota Medan ke depan. Itu yang lebih penting dari hasil survei," tuturnya.

Salman menjelaskan pentingnya edukasi politik agar masyarakat benar-benar bisa menjadikan momen Pilkada sebagai jalan menentukan kepemimpinan Kota Medan ke depan. 

"Jangan sampai Medan ke depan alih-alih kita lebih baik, malah lebih parah. Ini harus diwaspadai masyarakat, oleh sebab itu kita lebih ke edukasi politik," ungkapnya. 

Dalam hasil surveinya, CRC juga memaparkan sejumlah masalah yang banyak dikeluhkan warga Medan. Lima masalah yang paling banyak dikeluhkan adalah kemacetan, keamanan dan ketertiban, harga kebutuhan pokok mahal, susah mencari pekerjaan, serta KKN.

Selain itu, hasil survei CRC memaparkan keinginan warga soal program prioritas para bakal calon. Lima program yang paling diharapkan itu terkait masalah keamanan dan ketertiban, pengentasan kemiskinan, lapangan pekerjaan, pembangunan infrastruktur, dan penataan ruang.

Sebelumnya, CRC merilis hasil survei yang mereka lakukan pada 7-11 September 2020. Survei tersebut menggunakan teknik multistage random sampling terhadap 400 orang responden dengan margin of error kurang-lebih 5%. Para responden merupakan penduduk Medan dengan usia di atas 17 tahun atau yang telah menikah.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Kendali kualitas dilakukan secara acak terhadap 10% dari total sampel oleh supervisor.

"Survey dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 11 September 2020. Jumlah responden pada survei ini adalah 400 orang," ujar Direktur Riset CRC, Ara Auza, saat rilis hasil survei di Cafe Keumalahayati, Jalan Sei Serayu, Medan, Senin (14/9).


Berikut ini hasilnya:

Elektabilitas:

Pertanyaan terbuka (top of mind): Jika pilkada Medan dilaksanakan hari ini, siapa pasangan calon yang akan bapak/ibu, saudara/i pilih?

Hasil:

Akhyar-Salman: 35%
Bobby-Aulia: 29,25%
Tidak tahu: 35,75%

Simulasi dengan menyebutkan nama paslon: Jika pilkada Medan dilaksanakan hari ini, siapa pasangan calon yang akan bapak/ibu, saudara/i pilih?

Hasil:

Akhyar-Salman: 41,25%
Bobby-Aulia: 33,75%
Tidak tahu: 25%



Artikel menarik lainnya : 

Jelang Pilkada Medan Desember 2020, Ini Jumlah Daftar Pemilih

Pertanyakan Anggaran Rp30 Triliun Kota Medan, Bobby Nasution: Masih Banyak Jalan Rusak

Ingat Ya! Aulia Rachman Siap Mundur dari Walkot Kalau Medan Utara 2 Tahun Tak Ada Kemajuan

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US