UKM Jurnalis Bina Mandiri Latih Warga Kampung Sejahtera Agar Memiliki Uang dan Kegiatan
UKM Jurnalis dan TPL latih warga Kampung Sejahtera membuat sabun dari eucalyptus. (ANTARA/Evalisa Siregar)
News
Kota Medan

UKM Jurnalis Bina Mandiri Latih Warga Kampung Sejahtera Agar Memiliki Uang dan Kegiatan

Senin, 01 Maret 2021 16:04 WIB 01 Maret 2021, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) menggandeng PT Toba Pulp Lestari (TPL) melatih warga Kampung Sejahtera di Kecamatan Medan Petisah membuat sabun dari minyak eucalyptus.

"Pelatihan itu bertujuan agar warga Kampung Sejahtera bisa memiliki kegiatan dan menghasilkan uang," ujar Koordinator Humas Medan PT TPL, Dedy Armaya, di Medan, Senin (1/3/2021).

Pelatihan dimulai dengan mengenalkan pohon eucalyptus dan manfaatnya. Kemudian mengajari cara menyuling minyak atsiri dengan menggunakan alat tradisional. Serta cara pembuatan sabun berbahan minyak eucalyptus itu.

Dedy menegaskan, PT TPL dan UKM JBM akan terus mendampingi warga Kampung Sejahtera dalam memproduksi sabun dari minyak eucalyptus tersebut. "Pemasaran sabunnya juga akan dibantu JBM dan TPL,"ujar Dedy dikutip dari Antara.

Pengurus UKM JBM Fakhruddin Pohan menyebutkan, pelatihan pembuatan sabun itu wujud komitmen JBM dan TPL untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di tengah ada pandemi COVID-19.

Fachruddin berharap, warga benar-benar memanfaatkan kesempatan berbisnis itu agar perekonomian di keluarga Kampung Sejahtera itu dapat lebih baik.

Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) Aminoelrasyid mengapresiasi pelatihan tersebut. Dengan adanya pelatihan pembuatan sabun itu, katanya, warga di kawasan itu yang lebih dikenal dengan lokasi penggunaan narkoba bisa memiliki kegiatan positif yang mendatangkan uang.

Dengan bisa menjadi pengrajin sabun, maka perekonomian warga membaik dan generasi mudanya bisa hidup dengan lebih baik.

Koordintor Wilayah I Ikatan Pekerja Sosial Nasional (IPSN), Erliyanto Harahap menegaskan, IPDN siap mendukung agar kegiatan tersebut untuk masa depan yang lebih baik warga di kawasan tersebut.

Artikel menarik lainnya: 



TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU