Mendadak PDIP Batalkan Rencana Penebaran Ribuan Benih Ikan Air Tawar di Waduk Rawa Lindung
Sukarawan PDI Perjuangan mengangkut benih ikan air tawar yang batal ditebar di Waduk Rawa Lindung akibat air tercemar limbah di Jakarta Selatan, Minggu (21/3/2021). (ANTARA/Dewa Wiguna).
News
Nasional

Mendadak PDIP Batalkan Rencana Penebaran Ribuan Benih Ikan Air Tawar di Waduk Rawa Lindung

Minggu, 21 Maret 2021 13:57 WIB 21 Maret 2021, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - DPP PDIP batal menebar ribuan benih ikan air tawar di Waduk Rawa Lindung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, kegiatan itu batal lantaran air waduk tersebut tercemar limbah. Hal ini diungkapkan Hasto saat melakukan gerakan penghijauan di waduk itu.

"Kemarin sudah dicek, kualitas air bagus. Rupanya di sini ada yang diam-diam buang limbah," kata Hasto dilansir dari ANTARA. 

Hasto mengatakan, terdapat suatu perusahaan konveksi yang membuang sampah ke waduk secara diam-diam. Hal itu terungkap berdasar keluhan warga setempat. Praktik itulah yang menyebabkan air berwarna gelap dan berbau.

Padahal, lanjut Hasto, jika air di waduk seluas sekitar satu hektare itu bersih maka berpotensi menghasilkan ikan sekitar 25-30 ton dalam tiga bulan.

Produksi itu diperkirakan mampu mendatangkan keuntungan mencapai Rp3 miliar. Perkiraan ini, kata Hasto, berdasar perhitungan balai benih ikan.

"Kalau dari Pemda menegaskan aturan siapa pun termasuk perusahaan konveksi tidak boleh membuang limbah di sini maka ini akan punya potensi ekonomi," katanya.

Sebelumnya, DPP PDIP berencana menebar benih ikan tawar dan melakukan penanaman bibit pohon di Waduk Rawa Lindung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Rencananya, sebanyak 170 ribu benih ikan tawar bakal ditabur di dalam waduk seluas satu hektare itu. Namun karena tercemar, maka ratusan ribu ikan yang dikemas dalam plastik terpaksa diangkut kembali.

Benih ikan tersebut berasal dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Karena batal di waduk, benih ikan-ikan tersebut akan ditebar di Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan beberapa sungai lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US