Cewek Wajib Tahu! Ini 4 Cara Terbaik Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi
Ilustrasi mood swing pada wanita (Pixabay)
Health
Nasional

Cewek Wajib Tahu! Ini 4 Cara Terbaik Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi

Sabtu, 23 Oktober 2021 09:10 WIB 23 Oktober 2021, 09:10 WIB

INDOZONE.ID - Saat sedang mengalami haid, seorang wanita biasanya mengalami perubahan suasana hati yang tak menentu atau yang dikenal dengan mood swing.

Secara umum, mood swing diartikan sebagai perubahan suasana hati (mood) yang jelas terasa dan terjadi secara tiba-tiba. Mood swing sebenarnya bisa terjadi kapan saja. Namun keadaan itu lebih sering dialami wanita yang menstruasi.

Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi. Saat menstruasi, terjadi penurunan kadar hormon estrogen dan progesterone yang bisa memicu gejala fisik maupun emosional. Kondisi ini juga mempengaruhi kadar serotonin di dalam tubuh.

Lalu bagaimana cara mengatasi mood swing saat menstruasi? Mengutip dari laman Halodoc, berikut empat cara terbaik atasi mood swing saat menstruasi.

1. Konsumsi makanan sehat
Cara terbaik untuk meningkatkan mood adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan lezat, terutama yang banyak mengandung kalsium. Asupan ini terbukti bisa membantu memperbaiki mood.

Oleh karena itu cobalah mengonsumsi makanan seperti susu, yoghurt, keju, serta sayuran hijau. Disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6, seperti ikan, daging ayam, dan buah-buahan.

2. Berolahraga
Jangan salah berolahraga juga perlu dilakukan meski sedang haid. Namun, jangan pula melakukan olahraga yang berat.

Kamu tetap perlu bergerak aktif untuk bisa membantu menurunkan risiko mood swing saat menstruasi. Biasakan untuk berolahraga ringan selama haid, setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Cukup Tidur 
Mengatasi mood swing saat menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengistirahatkan tubuh. Agar kondisi tidak memburuk, pastikan untuk selalu cukup istirahat dan tidur. 

4. Kelola stres 
Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa membuat mood swing saat menstruasi menjadi lebih buruk. Maka dari itu, cobalah untuk selalu mengelola stres dengan baik, salah satu caranya dengan melakukan meditasi. 

Jika perubahan suasana hati terjadi dengan ekstrim dan sangat mengganggu, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada psikolog seputar mood swing saat menstruasi.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US