3 Manfaat Konsumsi Ikan Laut yang Sayang Dilewatkan
Ilustrasi ikan laut (Pixabay/Amenic181)
Health
Nasional

3 Manfaat Konsumsi Ikan Laut yang Sayang Dilewatkan

Jumat, 26 November 2021 07:30 WIB 26 November 2021, 07:30 WIB

INDOZONE.ID - Mengkonsumsi ikan sudah menjadi hal umum bagi masyarakat Indonesia, terlebih yang tinggal di sepanjang daerah pesisir pantai. Ikan laut sendiri mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ikan kaya akan protein, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, jenis panganan lezat ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Adapun manfaat ikan laut bagi tubuh di antaranya sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung
Melansir dari laman Alodokter, ikan laut memiliki protein yang tinggi dan kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah. Hal ini membuat daging ikan menjadi salah satu sumber protein sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, sejumlah penelitian juga membuktikan rutin mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

2.Menjaga fungsi dan kesehatan otak
Ikan laut, seperti salmon, sarden, dan ikan teri, kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Kandungan ini sangat bermanfaat membantu meredakan gejala depresi dan demensia pada lansia, serta baik untuk menjaga kesehatan otak yang dibutuhkan anak-anak untuk perkembangan dan pembentukan otaknya. 

Meski begitu, data klinis yang mendukung dugaan mengenai efektivitas asam lemak omega-3 tersebut, sejauh ini masih belum konsisten.

3.Mendukung kesehatan tulang
Selain dari sinar matahari, Anda juga dapat memperoleh vitamin D dengan mengonsumsi ikan laut. Ikan laut merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang baik.

Kedua nutrisi ini dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah penyakit tertentu. Itu mengapa dengan mengonsumsi ikan salmon sekitar 8 gram sehari dapat memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin D harian Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU