Tak Hanya Tingkatkan Mood, Ini Manfaat Lain Punya Hewan Peliharaan Bagi Anak
Ilustrasi anak bermain bersama hewan peliharaannya (Pixabay)
Health
Nasional

Tak Hanya Tingkatkan Mood, Ini Manfaat Lain Punya Hewan Peliharaan Bagi Anak

Sabtu, 02 Oktober 2021 12:39 WIB 02 Oktober 2021, 12:39 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki hewan peliharaan memang selalu menyenangkan. Tak hanya orang dewasa, banyak anak yang ternyata juga suka memelihara hewan seperti kucing, anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam beberapa cara. Memelihara hewan diyakini dapat membantu mengurangi stres serta membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

Namun pemilihan hewan peliharaan yang aman tepat harus diperhatikan. Jika kita mempertimbangkan untuk memberikan anak-anak hewan peliharaan, maka menurut ahli ada sejumlah dampak positif yang akan didapatkan, di antaranya, seperti dilansir dari Very Well Family, Sabtu (2/10/2021):

1. Mengusir kesepian
Seorang psikolog anak, Ann-Louise Lockhart mengungkap, hewan peliharaan bisa menjadi teman baik bagi buah hati anda. Teman yang baik adalah yang tidak menyakiti atau mengabaikan perasaan anak.

Maka dari itu, memiliki hewan peliharaan juga dapat mengurangi rasa kesepian, terutama bagi anak-anak yang kesulitan mencari teman . Hewan peliharaan juga tidak hanya memberikan arti persahabatan, tetapi dapat menjadi kepercayaan bagi anak-anak yang merasa tidak memiliki orang lain untuk diajak bicara.

2. Mengurangi stress
Bagi anak-anak terutama yang hampir memasuki usia remaja, tentu ada banyak gejolak yang tiba-tiba dialami. Tuntutan di sekolah ataupun tekanan di lingkungan pergaulan seringkali memicu stres pada usia rawan ini.

Karena itu, hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai pengurang rasa stres yang hebat. Selain cinta dan persahabatan yang diberikan secara alami, ada perubahan fisiologis yang terjadi dalam diri seorang anak ketika mereka membelai atau bermain dengan hewan peliharaan. 

"Berinteraksi dengan hewan peliharaan telah terbukti menurunkan hormon stres kortisol, serta meningkatkan pelepasan dopamin dan oksitosin yang merupakan hormon anti-stres atau perasaan senang,” ungkap Dekan Fakultas Kedokteran Hewan di The Ohio State University, Rustin Moore, DVM, PhD. 

3. Membangun empati dan kasih sayang.
Pada dasarnya, hewan peliharaan bergantung pada manusia yang merawatnya. Mereka tentu tidak dapat membuat makanan sendiri atau mengisi ulang tempat makannya. Karena ketergantungannya pada orang lain untuk merawat, hal ini sering memicu empati dan kasih sayang pada anak-anak.

Anak-anak belajar untuk melihat keluar dari diri mereka sendiri dan mempertimbangkan bagaimana rasanya berada di posisi orang lain, bahkan jika seseorang itu adalah hewan peliharaan.

"Orang tua dapat menggunakan kepemilikan hewan peliharaan sebagai cara untuk mengajari anak-anak tentang pentingnya menghormati bentuk kehidupan lain," tambah Dr Moore.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US