Kaya Protein, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi kacang kedelai (Pixabay/Diane Labombarbe)
Health
Nasional

Kaya Protein, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jumat, 26 November 2021 08:00 WIB 26 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang kaya akan protein, serat dan isoflavon. Selain itu kacang yang berwarna kuning pucat ini juga mengandung asam amino esensial yang tinggi. 

Nutrisi tersebut membuat kacang kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kekuatan tulang, menurunkan berat badan hingga mengobati berbagai jenis penyakit.

Kacang kedelai umumnya dapat diolah menjadi makanan maupun minuman seperti tempe, tahu, tepung, hingga susu kedelai. 

Lalu, apa saja manfaat kacang kedelai bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut ini ulasannya seperti yang dirangkum Indozone dari Style Craze, Jumat (27/11/2021).

1. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi membuat kacang kedelai mampu mencegah dan melawan sel kanker. Antioksidan sudah lama dikenal sebagai senyawa yang aktif menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

2. Menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah
Kandungan protein dalam kacang kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Kandungan protein dalam kedelai terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.


Kandungan asam amino dan isoflavone dalam kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Mengontrol berat badan
Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Hal ini dikarenakan kacang kedelai sangat kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kacang kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan. Anda bisa minum susu kedelai secara rutin.

4. Bikin awet muda
Selain bermanfaat untuk kesehatan, kacang kedelai juga berkhasiat bagi kecantikan, termasuk mencegah penuaan dini sebab kandungan fitoestrogen dalam kedelai menghasilkan estrogen lebih banyak untuk mengurangi garis halus dan keriput.

5. Mencerahkan dan melembabkan kulit
Kacang kedelai dapat menutrisi kulit dari dalam sebab mengandung banyak vitamin E. Kandungan itu terkenal mampu menjaga kecantikan seperti mencerahkan dan melembabkan kulit.


Selain itu, kacang kedelai juga berperan sebagai pelembab untuk kulit kombinasi, berguna menyingkirkan kulit kering dan menghilangkan kelebihan minyak dari kulit.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU