Desa Paranjulu Sipirok Siap Jadi Kawasan Agrowisata Kopi di Sumatera Utara
Disaksikan Pengurus FPPSN, Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu melakukan kegiatan Tanam Perdana Bibit Kopi Arabika di Desa Paranjulu, Kecamatan Sipirok. (Antara)
Travel
Kab. Tapanuli Selatan

Desa Paranjulu Sipirok Siap Jadi Kawasan Agrowisata Kopi di Sumatera Utara

Kamis, 08 April 2021 15:28 WIB 08 April 2021, 15:28 WIB

INDOZONE.ID - Desa Paranjulu, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan siap menjadi kawasan agrowisata kopi di Sumatera Utara.

"Harapan kita program ini menjadi pilot project," kata Indra Muda Siregar, Ketua Forum Pemuda Peduli Sipirok Narobi (FPPSN) melansir Antara, Kamis (8/4).

Menuju agrowisata kopi, Indra memodali hasrat warga Desa Paranjulu melakukan pengembangan dengan cara menanam ribuan batang bibit kopi arabika di atas lahan tanah ulayat masyarakat Paranjulu seluas lebih kurang 20 hektare (ha).

Indra mengatakan FPPSN berharap tanaman kopi seluas 20 ha itu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dalam beberapa tahun ke depan.

"Rencana lain tujuan pengembangan ekowisata kopi sesuai perkembangannya sebagai konservasi, edukasi disamping penguatan ekonomi dan sosial adat budaya lainnya," kata dia.

FPPSN yakin program agrowisata kopi ini cukup berpotensi sebagai sumber usaha hulu ke hilir dan bakal menjadi tujuan wisata asal saja masyarakat dan pemerintah dapat mendukung penuh.

"Peningkatan hasil ekonomi yang bakal mensejahterakan masyarakat bakal bisa terwujud dari program pengembangan kopi ini sepanjang seluruh pemangku kepentingan saling mendukung," ujarnya.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu mengapresiasi langkah positif FPPSN mendorong Desa Paranjulu untuk menjadi kawasan agrowisata kopi.

"Tentu sangat kita dukung, karena program ini positif tujuannya peningkatan ekonomi masyarakat yang sejalan dengan visi misi mewujudkan masyarakat yang sejahtera di samping cerdas, dan sehat," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU