Selain Sinabung, Ini 3 Alternatif Wisata Gunung di Sumut
Puncak Sibuatan (Instagram/ek0_pranata)
Travel
Kab. Karo

Selain Sinabung, Ini 3 Alternatif Wisata Gunung di Sumut

Jumat, 24 Desember 2021 08:30 WIB 24 Desember 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu wisata gunung favorit para pendaki terkhusus anak Medan adalah Gunung Sinabung. Namun, selain Gunung Sinabung, ternyata ada beberapa tempat pendakian di Sumatera Utara(Sumut) yang menyimpan pesona alam tak kalah indah.

Tempat-tempat tersebut masih sangat asri dan sejuk dengan jalur pendakian yang juga masih sangat alami. Sehingga pas untuk dijadikan pemacu adrenalin.

Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan 3 tempat rekomendasi pendakian di Sumut selain Sinabung, berikut ini.

1. Delleng Simpon

Delleng Simpon (Instagram/febrin_damanik)
Delleng Simpon (Instagram/febrin_damanik)

Delleng Simpon berlokasi di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellutali Urang Julu, Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam bahasa pakpak, Delleng berarti “gunung” sehingga delleng simpon berarti Gunung Simpon.

Lokasi pendakian ini baru populer setelah Gunung Sinabung meletus tahun 2010 dan tak bisa didaki lagi hingga saat ini.

Delleng Simpon tingginya hanya 1.325 Mdpl. SElain itu di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Sebab Pakpak Bharat punya pemandangan yang eksotis dan belum terlalu ramai pendaki yang datang kemari.

2. Gunung Sibuatan

Sibuatan (Instagram/sllyy55)
Gunung Sibuatan (Instagram/sllyy55)

Gunung Sibuatan salah satu gunung tertinggi di Sumatera Utara yang dekat dengan Danau Toba menjadi tempat pendakian favorit bagi para pendaki di Sumut. Berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Salah satu daya tarik di Gunung Sibuatan adalah jalur pendakiannya yang dipenuhi oleh akar-akar pohon yang besar. Pohon-pohon itu berasal dari Hutan Lumut, hutan yang menjadi rumah bagi flora-flora langka seperti kantong semar, jamur, anggrek, hingga lumut.
 
3. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit (Instagram/adventuresumut_)
Pusuk Buhit (Instagram/adventuresumut_)


Nah, tempat yang satu ini merupakan tempat tertinggi dengan semua sisi yang menampilkan pesona Danau Toba. Pemandangan indah bukit-bukit yang menjulang dan lembah desa di kecamatan Sianjur Mula-Mula dijamin mampu mempesona mata.

Pusuk Buhit merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau toba. Berada di ketinggian 1.982 mdpl. Selain menyimpan keindahan, Pusuk Buhit juga menjadi panggung legenda lahirnya Suku Batak. Tidak heran jika objek wisata ini menawarkan aroma petualangan yang sangat menyenangkan untuk dijelajahi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US