Berkunjung ke Candi Bahal Portibi yang Historis di Sumatera Utara
Candi Bahal Portibi di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. (id.wikipedia.org)
Travel
Kab. Padang Lawas Utara

Berkunjung ke Candi Bahal Portibi yang Historis di Sumatera Utara

Minggu, 07 Juni 2020 16:26 WIB 07 Juni 2020, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Berbicara tentang bangunan bersejarah, Sumatera Utara mempunyai candi yang unik bernama Candi Bahal atau Candi Portibi.

Candi Bahal terletak di Desa Bahal, Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Dari Kota Medan, ibu kota provinsi Sumatera Utara butuh waktu kurang lebih satu malam untuk sampai ke daerah candi tersebut karena jaraknya yang jauh yakni mencapai 423 km.

Dirangkum dari berbagai sumber, bahan baku Candi Bahal terdiri dari batu bata merah berumur ribuan tahun sejak abad ke-11.

Candi Bahal juga dikaitkan dengan Kerajaan Pannai yang berada di pelabuhan pesisir Selat Malaka yang ditaklukan dan menjadi bagian dari Mandala Sriwijaya.

Dinamakan Candi Bahal Portibi karena sesuai dengan dengan nama desa tempat candi tersebut berdiri. Dalam bahasa Batak, Portibi artinya dunia atau bumi.

Arsitektur bangunan Candi Bahal dinilai mirip dengan Candi Jabung yang ada Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Selain itu, di Candi Bahal ada penemuan Arca Heruka yaitu Arca Demonis yang mewujudkan tokoh Pantheon Agama Buddha aliran Mahayanan, sekte bajrayana atau tantrayana.

Jika diamati, dinding Candi Bahal dihias dengan ukiran tokoh yaksa yang berkepala hewan dan sedang menari-nari.Lalu di anatara hiasan tersebut ada pula ukiran singa yang sedang duduk.

Kini, Candi Bahal menjadi salah satu objek wisata di Padang Lawas Utara. Tidak sedikit yang berkunjung ke sana, mulai dari sekedar mengabadikan momen hingga menelusuri nilai sejarah.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US