Berkunjung ke Dairi, Ini 3 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Kopi Sidikalang yang menjadi oleh-oleh khas Dairi (Instagram/Simple_photoshoot_)
Travel
Kab. Dairi

Berkunjung ke Dairi, Ini 3 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Sabtu, 04 Desember 2021 14:25 WIB 04 Desember 2021, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Dairi merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Sumatera Utara (Sumut). Wilayah ini beribukota di Sidikalang dengan topografi wilayahnya yang berupa pegunungan dan perbukitan.

Hal ini tentu membuat Dairi memiliki udara yang sejuk dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Itu mengapa tak heran sebagian besar masyarakat Dairi bekerja sebagai petani.

Nah hasil pertanian ini menjadi salah satu produk unggulan yang kemudian menjadi oleh-oleh khas Dairi. Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Dairi yang bisa kamu bawa pulang? Berikut ulasannya. 

1. Kopi Sidikalang

Kopi khas Sidikalang (Instagram/Kopibungaduri)
Kopi Bunga Duri khas Sidikalang (Instagram/Kopibungaduri)

Kopi Sidikalang merupakan oleh-oleh yang paling terkenal dari Dairi. Kamu bisa menjumpai buah tangan ini berbagai tempat seperti swalayan,toko, maupun pasar tradisional. 

Selain itu tersedia berbagai pilihan saat kamu hendak membeli kopi jenis ini. Sebab Kopi Sidikalang tersedia dalam bentuk serbuk kopi maupun biji kopi.

2. Durian Sidikalang

Durian Sidikalang (Instagram/Linagui.kitchen)
Durian khas Sidikalang (Instagram/Linagui.kitchen)

Ternyata tidak hanya kopi yang tersohor dari daerah ini. Berikutnya ada Durian Sidikalang yang merupakan produk unggulan yang dapat kamu  bawa sebagai oleh-oleh usia berkunjung dari Dairi.

Kenikmatan Durian Sidikalang sendiri sudah terkenal hingga berbagai wilayah di luar Dairi. Kenikmatannya sendiri terletak pada rasanya yang manis dan daging buahnya yang sangat tebal.

Sudah pasti lidah para penikmat durian akan dimanjakan dengan tekstur buah yang legit dan creamy dari Durian Dairi. Selain itu pemburu oleh-oleh juga bisa menikmati olahan Durian Dairi dalam bentuk es krim ataupun pancake.


3. Lemang

Lemang (Instagram/Dinaj_delicacies)
Lemang khas Dairi (Instagram/Dinaj_delicacies)

Lemang terbuat dari beras ketan dan santan yang digulung dengan daun pisang. Pengolahannya dilakukan dengan cara membuat gulungan lemang yang kemudian dimasukkan ke ruas bambu dan dibakar hingga matang. 

Kelezatan lemang akan maksimal bila dinikmati saat masih hangat. Para pelancong yang berkunjung ke Dairi ataupun Sumatera Utara biasanya juga memilih lemang sebagai alternatif oleh-oleh kerana lemang memiliki ketahanan selama masih ada di ruas bambunya, dan dapat disimpan hingga sekitar 2 hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US