Menengok Cara Orang Turki Merayakan Hari Raya Idulfitri
Blue Mosque di Kota Istanbul, Turki. (Pixabay)
Travel
Internasional

Menengok Cara Orang Turki Merayakan Hari Raya Idulfitri

Kamis, 13 Mei 2021 10:26 WIB 13 Mei 2021, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, tentu saja hari raya Idulfitri dirayakan dengan sangat meriah di Turki. Saat hari raya, masyarakat di Turki akan melakukan beberapa tradisi khusus untuk memeriahkan perayaan Idulfitri.

Secara umum, perayaan Idulfitri di Turki tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Masyarakat Turki biasanya merayakan hari raya dengan berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan makanan lezat khas hari raya.

Nah, berikut ini ada beberapa tradisi masyarakat Turki saat merayakan Idulfitri.

Salat Idulfitri

Salat Idulfitri merupakan ibadah sunah yang dilakukan saat menyambut hari raya Idulfitri. Namun di Turki, salat Idulfitri hanya dilakukan oleh kaum pria saja. Sementara kaum perempuan tetap berada di rumah.

Bersilaturahmi

Selepas melaksanakan salat Idulfitri, masyarakat Turki akan berkunjung ke rumah sanak saudara. Setiap orang saling bersalam-salaman sambil mengucapkan 'Bayraminiz Mubarek Olsun' yang artinya 'Selamat Hari Raya'.

Bayramlik

Sama seperti Indonesia, masyarakat Turki juga mempunyai tradisi mengenakan pakaian baru saat Idulfitri. Di Indonesia biasanya disebut dengan 'baju hari raya', sedangkan di Turki disebut 'Bayramlik'.

Ziarah ke makam

Tak hanya di Indonesia, masyarakat Turki juga akan melakukan ziarah ke makam keluarga saat Idulfitri. Ziarah biasanya dilakukan sebelum hari raya atau di saat hari raya tiba setelah pulang dari melaksanakan salat Idulfitri.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US