Berkunjung ke Tapanuli Tengah, Ini 3 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Singgahi
Wisatawan di Pulau Mursala (Instagram/fatiimahsiregar)
Travel
Kab. Tapanuli Tengah

Berkunjung ke Tapanuli Tengah, Ini 3 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Singgahi

Jumat, 31 Desember 2021 09:00 WIB 31 Desember 2021, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang berada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terkenal memiliki keindahan hamparan alam yang sangat luar biasa. Bahkan saking indahnya, kabupaten ini mendapat julukan "Negeri Wisata Sejuta Pesona." 

Tak hanya itu, Tapteng juga terkenal sebagai daerah yang memiliki beragam etnis. Beragam tersebut membuat kabupaten ini menjadi sangat kental dengan tradisi dan budaya yang masih terjaga. 

Nah jika sedang mengunjungi Tapteng, kamu harus menyempatkan diri untuk menyinggahi beragam objek wisatanya. Sebab Tapteng menawarkan berbagai objek wisata mulai dari wisata alam sehingga wisata religi yang kaya dengan peninggalan sejarah dan peradaban.

Berikut ini 3 destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Tapteng. Yuk simak penjelasannya!

1. Pulau Mursala

Pulau Mursala (Instagram/wrina289)
Wisatawan di Pulau Mursala (Instagram/wrina289)

Pulau Mursala berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng. Pulau ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menaiki speed boat dari Pantai Pandan.


Saat mengunjungi pulau ini, wisatawan dapat menemukan keunikan air terjun yang berada di tengah laut. Selain tidak pernah kering, air terjun ini juga memiliki air tawar yang langsung jatuh ke permukaan laut.

Tak hanya itu, panorama bawah laut pulau ini juga begitu indah. Sebab ada banyak biota laut di atas hamparan terumbu karang yang dijamin kan meninggalkan kesan di hati wisatawan.

2. Titik Nol Islam Nusantara

Titik Nol Islam Nusantara (Instagram/butet_42)
Titik Nol Islam Nusantara (Instagram/butet_42)

Di Tapteng terdapat banyak destinasi wisata sejarah salah satunya Tugu Titik Nol Islam Nusantara. Tugu tersebut diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2017, lalu.

Peresmian tugu tersebut membuktikan bahwa Kota Barus merupakan gerbang masuknya islam di Nusantara.


Nah, selain menemukan situs sejarah, di Tapteng Juga terdapat wisata sejarah keislaman lainnya, yaitu Kota Barus. Dimana kota tersebut dikenal sebagai kota tertua di bagian Pantai Barat.

Jika dari Kota Pandan, ibu kota dari Tapteng, wisatawan hanya membutuhkan waktu 2 jam dalam perjalanan atau 70 Km jarak yang harus ditempuh.

Menurut sejarah, dulunya Barus dikenal sebagai salah satu Bandar atau pelabuhan terbesar di Asia. Dari jalur inilah agama Islam diyakini pertama masuk ke Nusantara. Ini dibuktikan dari beberapa makam pedagang dari Timur Tengah yang ditemukan, diantaranya Makam Mahligai dan Makam 

3. Pulau Putri

Pulau Putri (Instagram/anas_lubis)
Pulau Putri (Instagram/anas_lubis)

Jika berkunjung ke Tapteng, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Putri. Sebab pulau yang berada di Kecamatan Tapian Nauli ini menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat mempesona. 

Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan menikmati keindahan pasir yang putih dan lau biru yang luas membentang. Selain itu pecinta snorkeling juga dapat membawa peralatannya untuk menyelam melihat keindahan bawah laut di Pulau Putri.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US