3 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Sering Dicari
Teh gambir (Instagram/teh_daungambir)
Travel
Kab. Pakpak Bharat

3 Oleh-oleh Khas Pakpak Bharat yang Paling Sering Dicari

Sabtu, 25 Desember 2021 08:30 WIB 25 Desember 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Pakpak Bharat merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara (Sumut). Wilayah kabupaten ini terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan.

Wilayah Pakpak Bharat tidak terlalu besar sebab merupakan pemekaran dari Kabupaten Dairi. Pusat kotanya terletak di Kecamatan Salak.

Nah, meskipun tidak terlalu luas Pakpak Bharat sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Itu sebabnya ada banyak oleh-oleh khas dari wilayah ini.

Penasaran apa saja ? Yuk, simak tiga diantaranya berikut ini!

1. Kerajinan bambu dan kayu

bambu (Instagram/besekbambu_anyaman)
Kerajinan bambu (Instagram/besekbambu_anyaman)

Pakpak Bharat dikenal banyak menghasilkan kreasi kerajinan tangan. Salah satunya yang paling terkenal adalah kerajinan tangan yang dibuat dari kayu dan bamboo.

Bentuk kerajinannya sendiri ada berbagai macam, seperti patung ataupun piala. Pastinya akan sangat menarik jika bisa membawa kerajinan ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

2. Teh Gambir

Teh gambir (Instagram/bangtorimedan)
Teh gambir (Instagram/bangtorimedan)

Salah satu oleh-oleh yang cukup populer di daerah Pakpak Bharat adalah teh Gambir khas Pakpak Bharat. Oleh-oleh ini merupakan minuman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit maag. 

Walaupun berfungsi untuk pengobatan, tapi ini merupakan teh herbal yang menyehatkan dan bisa dikonsumsi oleh siapapun tanpa harus menderita maag. Kurang rasanya jika tidak membeli teh herbal ini sepulang dari daerah tersebut. 

3. Tenun Oles

Tenun Oles khas Pakpak (pakpakbharatkab.go.id)
Tenun Oles khas Pakpak (pakpakbharatkab.go.id)

Selain kerajinan tangan, Pakpak Bharat juga dikenal dengan kain tenunannya. Ada beberapa jenis kain tenun yang dihasilkan, tapi yang paling dikenal dan banyak digemari wisatawan adalah kain tenun oles. 

Kain tenun oles atau yang biasa disebut ulos adalah kain khas dari adat Sumatera Utara, jenis kain ini biasanya dipakai oleh wanita daerah Pakpak Bharat. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US