Anak Medan Wajib Tahu! Ini 3 Tempat Wisata Sejarah di Medan Utara
Masjid Al Osmani adalah Masjid tertua di Kota Medan (Instagram/Fathur_albanjari).
Travel
Kota Medan

Anak Medan Wajib Tahu! Ini 3 Tempat Wisata Sejarah di Medan Utara

Jumat, 08 Oktober 2021 17:05 WIB 08 Oktober 2021, 17:05 WIB

INDOZONE.ID - Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, Kota Medan juga terkenal dengan wisata budaya dan sejarah. Penduduk Kota Medan yang terdiri dari beragam suku dan etnis membuat Kota ini banyak dipengaruhi beragam budaya.

Nah salah satu kawasan di Kota Medan yang memiliki banyak objek wisata sejarah dan budaya yaitu yaitu Kawasan Medan Utara. Kawasan Medan Utara sendiri mencakup mencakup Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan.

Sayangnya kawasan ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang jauh sekitar 15 Km dari pusat Kota.

Berikut suguhan objek wisata Kawasan Medan Utara yang banyak melukis sejarah namun jarang diketahui wisatawan.

1. Vihara Siu San Keng

Vihara Siu San Keng merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kota Medan.
Vihara Siu San Keng (Instagram/Pariwisatakotamedan)

Vihara Siu San Keng merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kota Medan. Hal ini dikarenakan usia bangunanya yang sudah cukup tua. Diketahui Vihara Siu San Keng sudah berdiri sejak tahun 1890. Vihara ini terletak persis di seberang jalan Masjid Al Osmani.

Yang istimewa, vihara ini sangat kaya akan ornamen khas China. Begitu masuk ke lokasinya wisatawan akan disambut dengan simbol naga yang terletak di atapnya. Selain itu warna merah pada bagunannya dijamin akan memperindah potret liburanmu di sana. 

2. Masjid Al Osmani

Masjid Al Osmani adalah Masjid tertua di Kota Medan.
Masjid Al Osmani (Instagram/Pariwisatakotamedan)

Masjid Al Osmani adalah Masjid tertua di Kota Medan. Bagunanya berdiri pada tahun 1854 oleh Raja Deli Ketujuh yakni Sultan Osman Perkasa Alam dengan menggunakan bahan kayu pilihan.

Setelahnya pada tahun 1870 hingga 1872 masjid ini kemudian dibangun menjadi permanen oleh anak Sultan Osman, yakni Sultan Mahmud Perkasa Alam yang juga menjadi Raja Deli kedelapan.

Masjid yang berlokasi di Jalan K.L. Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan ini menawarkan keindahan yang tiada dua. Setibanya di lokasi wisatawan akan disambut dengan estetika Masjid yang bercorak kuning mencolok berpadu dengan warna hijau khas Melayu.

Pada pintunya pula terdapat ornamen khas Tiongkok, ukiran di setiap bangunan bernuansa India, arsiteknya bergaya Eropa dan ornamen-ornamennya bernafaskan Timur Tengah. Selain itu keunikan juga terdapat pada bentuk kubahnya yang bersegi delapan mengikuti gaya India.


3. Museum Situs Kota China

Museum Situs Kota China adalah salah satu situs sejarah yang menjadi kebanggan masyarakat Kota Medan.
Museum Situs Kota China (Instagram/Masterpiece_photographer)

Museum Situs Kota China adalah salah satu situs sejarah yang menjadi kebanggan masyarakat Kota Medan. Tempat ini menyimpan berjuta cerita dan peninggalan otentik khas Medan. 

Terletak di tepi Danau Siombak Jalan Kota Cina, Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan, tempat ini wajib masuk daftar list jika berkunjung ke Medan Utara. 

Untuk dapat masuk ke Museum ini, pengunjung tak merogoh kocek dalam dalam. Hanya dengan Rp5 ribu untuk pelajar, Rp10 ribu untuk mahasiswa dan Rp15 ribu untuk umum, pengunjung sudah bisa melihat koleksi peninggalan bukti bukti sejarah tersebut yang berada di dalam museum.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US