Keunikan Pemandian Air Panas Aek Milas Hutaraja di Mandailing Natal
Pemandian Aek Milas Hutaraja di Mandailing Natal. (Instagram/laila_sakdiyah)
Travel
Kab. Mandailing Natal

Keunikan Pemandian Air Panas Aek Milas Hutaraja di Mandailing Natal

Minggu, 26 Juli 2020 09:35 WIB 26 Juli 2020, 09:35 WIB

INDOZONE.ID - Bagi orang Mandailing Natal atau Panyabungan khususnya, pemandian air panas Aek Milas Hutaraja tentu sudah tidak asing lagi. Berbeda dari pemandian air panas lainnya, Aek Milas Hutaraja memiliki keunikannya tersendiri.

Dalam bahasa Mandailing, Aek Milas artinya air belerang. Pemandian Aek Milas Hutaraja merupakan aliran sungai air panas alami yang terletak di sekitar 35 kilometer ke arah selatan Panyabungan.

Karena berada di bawah kaki gunung Sorik Marapi, suasana di pemandian terasa sejuk dan asri.

Di sini, pengunjung bisa berendam di aliran air panas yang masih murni. Pengunjung bisa berendam di balik bebatuan sungai untuk merileksasikan badan dan merenggangkan otot.

Suhu air panas di Hutaraja berkisar di antara 33 sampai 67 derajat Celcius. Air panas yang masih alami berasal dari mata air gunung aktif.

Selain itu, air panas di Hutaraja mengandung tiga unsur penting bagi kesehatan, yakni belerang, garam, dan kapur.

aek milas hutaraja
Instagram/fitriajohannis

Jika berkunjung ke Aek Milas Hutaraja untuk kesehatan, pengelola menganjurkan untuk datang mulai pukul 11 sampai 3 siang.

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola memisahkan lokasi pemandian antara laki-laki dan perempuan. Dengan begitu, pengunjung bisa tetap aman tanpa rasa khawatir jika tengah menikmati relaksasi di air panas Hutaraja.

Hingga saat ini, pemandian air panas Hutaraja masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Jadi tidak heran, jika fasilitas di lokasi pemandian sangat minim.

untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3 ribu saja. Dengan uang segitu, pengunjung bisa bebas berlama-lama di Hutaraja. Terlebih lagi, pemandian yang satu ini dibuka selama 24 jam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US