Belajar Tata Kota Tua, Plt Walikota Medan Cari Referensi ke Kota Ini
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution (jongkok) saat berkunjung ke Kota Tua Semarang. (Instagram/@humas_pemkomedan)
Travel
Kota Medan

Belajar Tata Kota Tua, Plt Walikota Medan Cari Referensi ke Kota Ini

Kamis, 05 Maret 2020 18:30 WIB 05 Maret 2020, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Konsep penataan kawasan Kota Tua Semarang menjadi referensi serta masukan untuk Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution dalam menata kawasan Heriage di daerah Kesawan, Medan.

Pemko Medan memang berencana akan menata ulang kawasan Kesawan yang memiliki beragam bangunan bersejarah (heritage) peninggalan masa kolonial. Hal ini disampaikan Akhyar saat berkunjung ke Kota Tua Semarang, Selasa (3/3/2020).

Dalam kunjungannya, Akhyar terus mencari informasi terkait penataan kota tua di Semarang, di antaranya kuliner, heritage serta penanganan banjir. Informasi yang didapat ini diharapkan bisa diterapkan sehingga membangkitkan ingatan masyarakat akan nilai historis dari kawasan Kesawan yang bersejarah.

"Selain nilai historis yang ingin kita sampaikan, tujuan penataan ulang Kesawan sebagai upaya pelestarian bangunan heritage yang kita miliki. Jika ini dilakukan, kita optimis sektor pariwisata dan ekonomi kita akan menggeliat. Maka perlu adanya kajian sehingga kita tidak salah dalam melakukan pembenahan," kata Akhyar.

Menurut Akhyar, kota tua Semarang juga pernah dilanda banjir seperti kawasan Kesawan Medan. Namun, kini kawasan tersebut tidak lagi dilanda banjir. Bahkan berhasil diubah menjadi salah satu kota tujuan wisata yang mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

"Kota Medan memiliki potensi yang tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Hanya saja kita butuh proses dan perencanaan matang untuk mengelola, membenahi serta menata ibukota Provinsi Sumatera Utara ini agar menjadi lebih baik lagi tentunya lewat mekanisme dan aturan-aturan yang berlaku," ungkapnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US