New Normal, Sebentar Lagi Jelajah Danau Toba Bisa Pakai Kapal Pesiar Lho!
Danau Toba. (id.wikipedia.org)
Travel
Kab. Toba Samosir

New Normal, Sebentar Lagi Jelajah Danau Toba Bisa Pakai Kapal Pesiar Lho!

Minggu, 14 Juni 2020 19:30 WIB 14 Juni 2020, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Memasuki era tatanan hidup normal baru (New Normal), Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas sedang dipersiapkan untuk mendongkrak sektor pariwisata dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers, Jumat (12/6/2020).

Oleh sebab itu, saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Adapun tujuan dari pelebaran alur tersebut untuk memberi wisatawan kesempatan mengelilingi Danau Toba dan Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar.

Proyek pelebaran alur Tano Ponggol itu digarap oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dengan kegiatan utama yakni pelebaran dan pendalaman alur.

Dengan adanya pelebaran alur ini, secara otomatis perlu dilakukan penyesuaian desain Jembatan Tano Ponggol agar kapal pesiar dapat lewat di bawah jembatan.

Rencananya Jembatan Tano Ponggol yang baru akan terdiri dari 2 lajur. Dengan desain baru jembatan, tentunya Danau Toba akan mempunyai ikon baru yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di pesisir Danau Toba.

Pelebaran alur tersebut terikat kontrak sudah terikat kontrak sejak Desember 2017 dengan anggaran mencapai Rp 320 miliar.

Sejauh ini, perkembangan proyek itu sudah hampir rampung yakni mencapai 93,506 persen.

Artikel Menarik Lainnya


TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US