Asyiknya Berendam di Air Panas Sipoholon, Pemandian Eksotis yang Ampuh Sembuhkan Penyakit
Pemandian Air Panas Sipoholon (photo/pariwisatasumut.net)
Travel
Kab. Tapanuli Utara

Asyiknya Berendam di Air Panas Sipoholon, Pemandian Eksotis yang Ampuh Sembuhkan Penyakit

Minggu, 17 Oktober 2021 11:08 WIB 17 Oktober 2021, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Pemandian Air Panas Sipoholon merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Pemandian belerang ini terletak di Desa Parbubu, Situmeang atau di Jalan Lintas Medan-Sumatera, Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Di sini wisatawan yang datang akan menikmati sensasi berendam sambil dimanjakan dengan keindahan pemandangan barisan bukit kapur yang cantiknya bak hamparan salju. Selain itu, air belerang yang berwarna indah biru kehijauan dijamin akan menyegarkan mata.

Sumber air panas pemandian ini sendiri berasal dari mata air yang terbentuk ratusan tahun lalu akibat letusan Gunung Martimbang. Air panas di Sipoholon ini suhunya bisa mencapai 40 hingga 70 derajat celcius sehingga mengandung belerang yang baik untuk kesehatan.

Karena alasan itulah Pemandian Air Panas Sipoholon selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Belerangnya dipercaya dapat membuat kulit sehat, lembut, dan mengobati berbagai penyakit pada kulit.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati keindahan pemandian yang cukup unik ini dengan trekking menaiki bukit kapur yang dialiri air belerang yang panas.

Bukit-bukit kapur yang tampak kokoh itu terbentuk karena belerang-belerang yang terkandung di dalam air seiring waktu mengendap menutupi permukaan tanah. Endapan-endapan itu perlahan menebal, mengeras lalu membatu.

Dari puncak bukit kapur, terdapat beberapa titik mata air belerang. Karena terekspos air terus menerus, beberapa sisi dari bukit bebatuan kapur di sini berwarna hijau, sangat kontras dengan warna batu kapur, namun membuatnya tampak semakin memesona.

Tak hanya berendam, wisatawan juga bisa berenang dan menyelam di kolam-kolam yang ada di sini. Hal ini dikarenakan sejumlah kolam memiliki tingkat kedalaman yang bervariasi.

Selain  itu sudah pasti wisatawan bisa berfoto di spot-spot yang sangat instagramable. Barisan bukit kapur yang indah ditambah dengan air belerang yang berwarna biru kehijauan membuat tempat ini menjadi spot foto yang paling banyak dicari. 

Bahkan, beberapa wisatawan rela datang ke pemandian ini bukan untuk berendam di air belerang, melainkan untuk berburu koleksi foto yang unik. Yuk tunggu apalagi, selamat berlibur ke Air Panas Sipoholon ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US