Wagub Ijeck Berharap Masalah Limbah di Danau Toba Bisa Diselesaikan Secara Komprehensif
Danau Toba. (Pixabay)
Travel
Kota Medan

Wagub Ijeck Berharap Masalah Limbah di Danau Toba Bisa Diselesaikan Secara Komprehensif

Kamis, 17 September 2020 18:03 WIB 17 September 2020, 18:03 WIB

INDOZONE.ID - Sejak Juli 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO. Dengan demikian, perlu adanya tanggung jawab yang lebih untuk menjaga dan menjadikan kawasan Danau Toba lebih baik lagi.

Salah satu permasalah yang ada di Danau Toba saat ini adalah masalah lingkungan seperti pencemaran limbah di perairan Danau Toba yang disebabkan oleh Keramba Jaring Apung (KJA) dari peternakan ikan masyarakat.

"Keramba Jaring Apung (KJA) banyak menjadi sorotan. Dilemanya adalah itu juga jadi mata pencaharian utama masyarakat. Harus ada alternatif atau solusi,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah, Rabu (16/9).

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kata pria yang akrab disapa Ijeck itu, perlu adanya solusi secara komprehensif yang melibatkan berbagai pihak, baik Dewan Riset Daerah (DRD), perguruan tinggi maupun berbagai dinas melalui tupoksi masing-masing.

“Kajian dan data yang diperoleh nanti bisa kita diskusikan lagi dengan kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba. Saya yakin jika tujuannya baik, mereka juga akan setuju. Karena akhirnya ini untuk kepentingan masyarakat di sekitar Kawasan Danau Toba itu sendiri,” ujar Ijeck.

Adapun penyelesaian secara komprehensif yang dimaksud Ijeck ialah penyelesaian masalah tidak hanya berfokus pada  KJA tetapi meliputi faktor lain yang menjadi penyumbang pencemaran lingkungan Danau Toba.

Selain itu, perlu juga dilakukan kajian pendekatan terhadap masyarakat masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US