Melirik Pesona Desa Bawomataluo di Nias Selatan
Desa Bawomataluo di Nias Selatan. (flickr.com)
Travel
Kab. Nias Selatan

Melirik Pesona Desa Bawomataluo di Nias Selatan

Minggu, 07 Juni 2020 15:57 WIB 07 Juni 2020, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Desa Bawomataluo terletak di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Desa ini dijuluki Matahari Terbit karena berada di atas perbukitan dengan pemandangan yang indah.

Bawomataluo berada pada ketinggian sekitar 324 meter di atas permukaan laut dan terdiri atas 9 dusun.

Sebagai salah satu desa budaya, Bawomataluo mempunyai acara tahunan yang disebut Festival Budaya Bawomataluo. Relik megalitik, rumah tradisional,tarian perang, dan tradisi lompat batu sangat terkenal dari desa ini.

Dilansir dari Antara, desa Bawomataluo mempunyai luas kurang lebih 7,95 km2 dan jumlah penduduk sekitar 3.116 jiwa (2013) dan kepadatan 392 jiwa/km2.

Desa yang sudah berusia lebih dari 300 tahun ini mempunyai nilai-nilai sejarah dan tradisi yang unik. Maka tak heran jika daerah tersebut kerap dikunjungi wisatawan  baik lokal maupun mancanegara.

Bahkan, Desa Bawomataluo juga didaftarkan sebagai warisan dunia UNESCO dan termasuk "Heritage" peninggalan yang sudah tua dan tergolong langka.

Pesona lain di Desa Bawomataluo yakni kursi kuno peninggalan raja-raja Nias. Kursi itu terbuat dari batu dan memiliki panjang lebih kurang 10 meter. Bukan hanya itu, ada juga patung-patung kuno yang historis.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US