Begini Tutorial Naik Pesawat di Masa New Normal Pandemi Covid-19
Sejumlah pekerja menyiapkan pesawat untuk terbang membawa penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/7). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Travel
Nasional

Begini Tutorial Naik Pesawat di Masa New Normal Pandemi Covid-19

Sabtu, 18 Juli 2020 15:12 WIB 18 Juli 2020, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pengguna TikTok belum lama ini mengulas bagaimana menggunakan penerbangan di tengah era new normal saat ini. Dalam video unggahannya itu, dia menjelaskan dari hal yang perlu siapkan hingga tiba di bandara tujuan.

Akun bernama onihoironi melakukan penerbangan dari Medan menuju Jakarta beberapa waktu lalu. Di tengah new normal akibat wabah corona saat ini, setiap penumpang diwajibkan untuk melakukan rapid test virus corona.

Kata dia, sebelum ke bandara, pastikan membawa hasil rapid test virus corona yang saat ini berlaku sampai 14 hari setelah melakukan pengetesan. Setelah itu, diharuskan mengenakan masker dan alat-alat pelindung diri lainnya.

Jika selama ini harus tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan, di era new normal ini, seluruh penumpang harus tiba di bandara 4 jam sebelum keberangkatan.

"Datang ke bandara 4 jam sebelum keberangkatan ya woi. Pas masuk bandara woi, bakal dicek suhu tubuhnya gitu woi," kata dia.

Setelah tiba di bandara, setiap penumpang diwajibkan untuk menyerahkan hasil rapid test ke petugas kesehatan. Hasil rapid test yang telah divalidasi, diizinkan untuk melakukan check-in.

Di era new normal ini, proses boarding juga mengalami perubahan. Misalnya seperti pengalaman onihoironi, bagi 10 nomor kursi yang paling besar, akan lebih dulu masuk ke dalam pesawat. Cara ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, untuk tipe kursi kabin 3x3, kursi yang berada di tengah akan dikosongkan agar tetap menjaga jarak fisik antar sesama penumpang.

Ketika tiba di bandara tujuan, 5 nomor kursi paling depan akan dipersilakan untuk turun terlebuh dahulu. Setelah beberapa menit, akan dilanjutkan nomor kursi di belakangnya.

Terakhir, setelah turun dari pesawat, setiap penumpang wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan atau bisa juga menggunakan opsi online di aplikasi E-HAC. Setelah mengisi kartu tersebut, selanjutnya penumpang sudah bisa mengambil bagasi.

Demikian cara menggunakan penerbangan di era new normal saat ini.

Artikel Menarik Lainnya;

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US