Terekam Aktivitas Hewan Liar Binturung di Taman Nasional Gunung Leuser, Ini Penampakannya
Aktivitas hewan liar Binturung terekam dalam kamera pemantau di Taman Nasional Gunung Leuser. (Tangkapan layar/Instagram)
Travel
Nasional

Terekam Aktivitas Hewan Liar Binturung di Taman Nasional Gunung Leuser, Ini Penampakannya

Kamis, 24 Juni 2021 15:55 WIB 24 Juni 2021, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini aktivitas hewan liar Binturung di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) terekam dalam kamera pemantau. Dalam video, terlihat aktivitas dari si musang bertubuh besar tersebut.

Video tersebut diunggah oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser melalui akun Instagramnya, @bbtn_gn_leuser pada Kamis (24/6). 

"Familiar dengan jenis satwa liar yang satu ini? Yuk kita perhatikan bagaimana wujudnya juga gerak-geriknya di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser," tulis akun tersebut seperti dikutip Indozone.

Seperti yang terlihat di dalam video, kamera pemantau yang diletakkan di sebuah sudut di kawasan TNGL merekam aktivitas hewan liar Binturung.

Tampak musang bertubuh besar dengan bulu hitam yang lebat itu berjalan kesana kemari.

Diketahui, Binturung atau masyarakat Melayu menyebutnya Binturong merupakan hewan jenis musang bertubuh besar dari anggota suku Viverridae.

Hewan yang dalam bahasa Inggris disebut Malay Civet Cat ini merupakan karnivora yang memiliki ciri-ciri bertubuh besar, berbulu warna hitam lebat, memiliki tampang mirip beruang, dan kumis lebat seperti kucing.

Berdasarkan data dari Red List IUCN, Binturung kini berstatus vulnerable atau rentan akibat populasinya yang menurun hingga 30 persen dalam 18 tahun terakhir.

Di Indonesia, Binturung termasuk satwa yang dilindungi dan diatur dalam UU No. 7 Tahun 1999.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US