Selain Ulos, Berikut Beberapa Produk UMKM Taput yang Perlu Perhatian Pemerintah
Ilustrasi ulos. (Wikipedia)
Travel
Kab. Tapanuli Utara

Selain Ulos, Berikut Beberapa Produk UMKM Taput yang Perlu Perhatian Pemerintah

Selasa, 16 Februari 2021 11:32 WIB 16 Februari 2021, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tapanuli Utara, Marco Panggabean menyebut sejumlah produk unggulan hasil pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu mendapatkan perhatian pemerintah, khususnya Kemenparekraf.

"Selain produk ulos hasil tenunan pegiat UMKM di Taput yang telah mendunia, masih banyak produk unggulan lainnya yang pengembangan hingga pemasarannya sangat membutuhkan perhatian Kemenparekraf," ungkap Marco, dilansir dari Antara, Selasa (16/2).

Marco mengatakan hingga saat ini kain ulos masih menjadi produk unggulan UMKM asal Taput yang paling atas.

Selain karena kegiatan bertenun kain ulos ditekuni sebagian besar masyarakat, kain ulos juga telah memasuki internasional melalui jalur pribadi.

Sebenarnya, kata dia, selain ulos, ada sejumlah produk unggulan UMKM lainnya yang perlu mendapatkan perhatian dari Kemenparekraf.

"Mulai dari kacang Sihobuk, kopi olahan, gitar, ragam makanan ringan, hingga kriya dan miniatur," sebut dia.

Dia merincikan, sejumlah produk makanan ringan seperti kacang Sihobuk dan kacang 'boom' pedas dari Muara. Lalu, keripik nenas sipahutar, keripik pisang dengan banyak varian, keripik ubi rambat, serta keripik ubi kayu.

Kemudian, kue ketawa, dodol, sasagun, serta  kopi olahan seperti "kopi partungkoan", "tarhilala kopi", "sibadak kopi", juga kriya berupa gondang, miniatur, dan lainnya.

Untuk itu, dia berharap Kemenparekraf dapat membantu para pegiat UMKM di Taput untuk mendapatkan KUR klaster atau kredit tanpa agunan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US