Situs Bongal di Tapanuli Tengah Akan Dijadikan Objek Wisata Ilmu Pengetahuan
Situs Bongal di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Tapanuli Tengah. (Danautobacenter.com)
Travel
Kab. Tapanuli Tengah

Situs Bongal di Tapanuli Tengah Akan Dijadikan Objek Wisata Ilmu Pengetahuan

Senin, 01 Februari 2021 12:57 WIB 01 Februari 2021, 12:57 WIB

INDOZONE.ID - Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyambut baik hasil penelitian yang dilakukan Balai Arkeologi Sumatera Utara bekerja sama dengan PT. Media Literasi Nesia tentang keberadaan Situs Bongal.

Situs Bongal sendiri berada di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Berdasarkan hasil penelitian, Situs Bongal menyimpan berbagai benda sejarah yang jarang ditemukan di situs sejenis di Indonesia.Bahkan dari hasil uji karbon pada artefak kayu yang ditemukan di Situs Bongal diduga pecahan kapal kuno dari abad ke-7 Masehi.

Atas dasar itu, Bakhtiar berharap dan meminta dukungan kepada Pemprov Sumut hingga Presiden RI untuk menjadikan Situs Bongal sebagai objek wisata ilmu pengetahuan.

"Saya akan menyurati pihak-pihak terkait baik itu yang ada di Provinsi sampai ke pemerintah pusat agar Situs Bongal ini dijadikan objek wsiata kepentingan ilmu pengetahuan dan sebagainya," ucap dia seperti yang dilansir dari Antara, Senin (1/2).

Dia juga turut berterima kasih kepada arkeolog atas hasil penelitian yang sudah dilakukan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Ia berharap agar para peneliti jangan bosan datang ke Tapanuli Tengah.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan mendukung 100 persen apa saja yang dibutuhkan, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku untuk keberadaan dan pengembangan Situs Bongal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU