Kemenkominfo Pastikan Regulasi IMEI Berlaku Efektif 18 April 2020
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usai jumpa pers mengenai hoaks virus Korona di Kominfo. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Tech
Kota Medan

Kemenkominfo Pastikan Regulasi IMEI Berlaku Efektif 18 April 2020

Untuk memerangi ponsel ilegal atau ponsel blackmarket

Rabu, 05 Februari 2020 16:29 WIB 05 Februari 2020, 16:29 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berdiskusi dengan kementerian terkait dan operator seluler untuk memastikan regulasi mengenai International Mobile Equipment Identity (IMEI) berlaku efektif mulai 18 April 2020.

"Diskusi bagaimana mekanisme blacklist atau whitelist," kata Menteri Kominfo Johhny G Plate, Selasa (4/2/2020).

Aturan mengenai International Mobile Equipment Identity (IMEI) sudah disahkan pada 18 Oktober 2019 lalu oleh Kemenkominfo, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan. Untuk menunjang regulasi IMEI ini, pemerintah sudah menyiapkan sistem Sibina. Sistem ini di bawah Kemenperin.

Sistem Sibina akan mendekteksi IMEI ponsel yang beredar apakah terdaftar atau tidak. Tujuan regulasi ini adalah untuk memerangi ponsel ilegal atau ponsel blackmarket. Ponsel ilegal ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah karena tidak terkena pajak.

Johnny mengatakan regulasi IMEI ini juga bertujuan untuk melindungi masyarakat dari produk ilegal atau teknologi yang gagal.  Kemenkominfo masih terus mensosialisasikan regulasi ini kepada masyarakat. Regulasi ini juga terus dibahas dengan stakeholder terkait seperti operator seluler dan kementerian-kementerian terkait lainnya.

"IMEI ini merugikan masyarakat. Kita tidak ingin produk yang gagal, yang tidak tepat, bisa berbahaya untuk masyarakat. Charger (pengisi daya) meledak, misalnya," kata Johnny.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US