Begini Asal Muasal PSMS Diberi Julukan Ayam Kinantan
Para pemain PSMS Medan saat menjalani ujicoba melawan Persiraja Banda Aceh. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Soccer
Kota Medan

Begini Asal Muasal PSMS Diberi Julukan Ayam Kinantan

Minggu, 15 Maret 2020 13:00 WIB 15 Maret 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Julukan 'Ayam Kinantan' menjadi julukan yang melekat di tim PSMS Medan sejak tahun 1980-an. Tak banyak yang tahu bahwa pemberiaan julukan punya kisahnya sendiri. Seperti apa? Ini ulasannya!

Berdasarkan cerita yang dituturkan wartawan senior, Zatako seperti dipublikasikan di laman Facebook PSMS Medan, Ayam Kinantan hanya seekor ayam biasa. Ayam ini dimiliki oleh seorang warga Jakarta bernama Kinantan sehingga lebih dikenal dengan Ayam Kinantan.

Entah bagaimana ceritanya, ayam ini bisa dijadikan sebagai hadiah atas keberhasilan PSMS menjuarai Piala Perserikatan pada tahun 1985. Ayam itu kemudian dibawa skuad PSMS dari Jakarta ke Medan.

Ayam itu pun dibawa pulang ke Medan.Setibanya di Medan, ayam jantan ini diarak keliling kota bersama skuad PSMS. Hampir semua warga Medan tumpah ruah merayakan keberhasilan PSMS menjuarai Piala Perserikatan kala itu.

Setelah arak-arakan selesai, ayam ini pun disimpan di dalam kandang khusus di Stadion Kebun Bunga tetapi kini Ayam Kinantan sudah tidak berada lagi di Stadion Kebun Bunga. Meskipun demikian, sejak saat itu, julukan 'Ayam Kinantan' masih terus melekat pada tim PSMS Medan hingga kini.

Sumber lain menyebutkan, ayam itu diberikan seseorang karena gaya permainan PSMS saat itu mirip seperti ayam jago yang tidak pernah kenal lelah untuk mengalahkan lawannya. Gaya permainan bak ayam jago ini yang membuat PSMS Medan berhasil menjuarai Piala Perserikatan pada tahun 1985. Kini gaya permainan tersebut lebih dikenal dengan istilah 'Rap-rap'.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU