Berjuang Melawan Kanker Ovarium, Feby Febiola: 'Chemo Gugurkan Rambutku Helai demi Helai'
Feby Febiola dan Franky Sihombing (Instagram/febyfebiola_)
Seleb
Nasional

Berjuang Melawan Kanker Ovarium, Feby Febiola: 'Chemo Gugurkan Rambutku Helai demi Helai'

Kamis, 23 Juli 2020 11:57 WIB 23 Juli 2020, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Artis Feby Febiola kini tengah berjuang melawan penyakit kanker ovarium yang dideritanya, sehingga mengharuskan ia menjalani kemoterapi. 

Di akun di Instagram story miliknya, istri musisi Franky Sihombing itu membagikan pengalamannya, termasuk saat setelah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

“Penyakitnya itu kanker ovarium stadium 1C. Tapi, asal dari kanker itu adalah tumor dan tumor itu sudah diangkat,” kata Feby, Rabu (22/7/2020).

“Tumor itu yang akhirnya menghasilkan sel kanker itu dari endometriosis yang kelamaan, dibiarkan karena aku memang lama banget waktu itu enggak cek ke dokter kandungan,” lanjutnya.

Feby menjelaskan bahwa supaya kanker tidak menyebar ia diberi pilihan untuk melakukan kemoterapi atau tidak. Setelah itu, dia pun memutuskan untuk mejalaninya.

“Aku memilih kemo mumpung aku masih sehat dan untuk jaga-jaga ke depannya supaya jangan ada apa-apa lagi yang lebih parah,” ucap Feby.

Saat menjalani kemoterapi, ia mengatakan kondisinya saat ini sehat. Sementara untuk pantangan makanan dokter menyarankan tidak ada pantangan apapun bagi Feby.

“Enggak ada pantangan dokter. Harus makan yang seimbang aja gizinya antara sayur, protein, karbohidrat. Jangan makan makanan yang diawetkan dan diolah terlalu banyak," tutupnya.

Dukungan Suami

Sebagai langkah medis, Feby harus menjalani kemoterapi selama 6 kali. Akibatnya, Feby mengalami kerontokkan rambut. Ia pun memilih untuk mencukur habis rambutnya yang dahulu kuat dan indah.

"Dulu aku suka bangga sama rambut sendiri, rambutku itu sehat, kuat dan ga mudah rontok. Sampai akhirnya chemo menggugurkannya helai demi helai," kata Feby di laman Instagramnya, febyfebiola_, baru-baru ini.

Feby Febiola pun menceritakan bahwa kini dia sadar bahwa manusia hakekatnya adalah makhluk yang lemah dan rapuh. 

"Aah..betapa rapuhnya manusia, sampai rambut aja bukan kuasa kita yang mengatur, memang semuanya anugerah..," tuturnya.

Untungnya, Feby memiliki seorang suami yang baik dan senantiasa memberikannya dukungan. Melihat sang istri tengah berjuang, Franky Sihmbing pun ikut mencukur rambutnya dengan gaya cepak.

"Jadilah kita sekarang ibarat dua cengkeh nastar, yg satu sih sengaja botakin, katanya biar kompak sama istrinya. Terima kasih sayaang..," paparnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU