Menurut Gubernur Edy, Meski Sudah Diketok DPR, UU Cipta Kerja Tak Serta-merta Diterapkan
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. (Instagram/humassumut)
News
Kota Medan

Menurut Gubernur Edy, Meski Sudah Diketok DPR, UU Cipta Kerja Tak Serta-merta Diterapkan

Kamis, 15 Oktober 2020 19:14 WIB 15 Oktober 2020, 19:14 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menggelar pembahasan draf RUU Cipta Kerja bersama sejumlah elemen masyarakat.

Pembahasan draf tersebut dilakukan karena menurut Edy, RUU Cipta Kerja tak bisa diterapkan begitu saja meski sudah disahkan oleh DPR RI.

"Mana yang disahkan? Belum. Kemarin baru diketuk DPR. Setelah diketuk DPR, bukan serta merta undang-undang itu bisa dilakukan," kata Edy di hadapan wartawan, Kamis (15/10).

Dikatakan Edy, setiap RUU yang sudah disahkan oleh DPR RI, maka harus diikuti dengan adanya peraturan pemerintah. Oleh karena itu, pembahasan draf RUU tersebut dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk pemerintah pusat terkait RUU Cipta Kerja.

Nantinya, kesimpulan dari pembahasan tersebut akan dikirimkan ke pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan. Namun, kata Edy, keputusan akhir dari RUU Cipta Kerja ada di tangan Presiden Jokowi itu sendiri.

"Itu wewenang Presiden, kan tidak bisa kita samakan 34 provinsi. Presiden kan harus merangkum kemauan 34 Provinsi ini. Salah satunya Sumatera Utara kan tidak bisa juga kita paksakan nanti punya nya Sumatera Utara ini disamakan dengan NTT. Itulah yang di tengah tengah diambil presiden," kata dia.

Untuk itu, selama digelarnya pembahasan draf RUU Cipta Kerja bersama sejumlah elemen masyarakat, Edy meminta warga Sumut tidak ada yang melakukan aksi demonstrasi.

"Mungkin hari ini, besok jangan lagi. Tapi menyampaikan pendapat di depan umum kan sah-sah saja, yang tak boleh merusak, mengganggu kepentingan umum, silahkan aja, saya mendengar, sebagai pimpinan di Sumatera Utara ini saya mendengar apa yang disampaikan oleh rakyat saya," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US