Wow! Efektivitas Vaksin Covid-19 di Israel Berhasil Tekan Angka Penularan Infeksi
Dua petugas kesehatan memberikan vaksin Covid-19 kepada seorang pria lansia dalam vaksinasi nasional Israel di Yerusalem, Kamis (7/1). (REUTERS/Ronen Zvulun).
News
Internasional

Wow! Efektivitas Vaksin Covid-19 di Israel Berhasil Tekan Angka Penularan Infeksi

Rabu, 27 Januari 2021 15:20 WIB 27 Januari 2021, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran vaksin Covid-19 tidak serta merta dapat menghentikan pandemi. Namun setidaknya, vaksin Covid-19 dapat menekan angka kematian dan mengurangi gejala jika terinfeksi virus corona.

Mengukur efektivitas vaksin yang saat ini tengah beredar masih sulit dilakukan. Namun baru-baru ini, Isreal mencatatkan laporan positif terhadap vaksinasi Covid-19 yang digelar secara nasional.

Mengutip Antara, melansir The Economist, Rabu (27/1), vaksinasi Covid-19 di Israel berhasil menekan angka penularan infeksi dalam skala yang cukup besar. Padahal, vaksinasi yang dilakukan baru pada pemberian dosis vaksin pertama.

vaksinasi covid-19 di israel
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin Covid-19 kepada seorang wanita dalam vaksinasi nasional Israel di Kota Tel Aviv pada Kamis (31/12). (REUTERS/Ammar Awad)

Diharapkan, setelah dosis vaksin kedua diberikan, maka hasil akan jauh lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Dr. Anat Ekka Zohar dari Maccabi Health Services, organisasi kesehatan Israel mengatakan bahwa laporan tersebut dapat dijadikan sebagai harapan yang positif.

Unit riset Maccabi Health Services mendapati penurunan angka infeksi yang jauh lebih besar, yakni mencapai 60 persen. Dan ini terjadi 13 sampai 21 hari setelah dosis pertama disuntikkan kepada 430.000 warga Israel.

Kementerian Kesehatan Israel disebutkan telah memberikan dosis vaksin kedua kepada 428.000 warga Israel. Berdasarkan data yang di rilis pada pekan ini, efektivitas vaksin pun menunjukkan hasil yang luar biasa.

Dari 428.000 warga Israel yang telah diberikan dosis vaksin kedua, hanya 63 orang atau 0,014 persen yang masih bisa terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, data dari Unit riset Maccabi Health Services menyebutkan dari total 128.600 warga Israel yang diberikan dosis vaksin kedua, hanya 20 orang yang dapat terinfeksi lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US