Sumut Perjuangkan Ulos dan Desa Adat Bawomataluo Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO
Ulos (kiri) | Desa Bawomataluo (kanan). (Wikipedia/ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
News
Kota Medan

Sumut Perjuangkan Ulos dan Desa Adat Bawomataluo Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO

Sabtu, 01 Mei 2021 09:59 WIB 01 Mei 2021, 09:59 WIB

INDOZONE.ID - Pemprov Sumut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus memperjuangkan kain Ulos dan Desa Adat Bawaomataluo di Nias menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Melansir Antara, Sabtu (1/5), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata saat ini sudah mempersiapkan sebagian peraturan dan dokumen yang diperlukan untuk kedua usulan tersebut.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dr Ria Nofida Telaumbanua melakukan pertemuan dengan Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Hilmar Farid di Jakarta, Jumat (30/4).

Pertemuan tersebut membahas mengenai Ulos dan Desa Bawomataluo yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dan Cagar Budaya Nasional oleh Kemendikbud.

Ria mengatakan terkait dengan pengusulan Ulos ada beberapa hal yang harus disiapkan utamanya adalah naskah kajian.

"Dalam naskah kajian itu nantinya akan diungkap mengenai pengertian Ulos serta daerah persebarannya dan motif keistimewaan nilainya bagi masyarakat termasuk juga kesakralannya," kata dia.

Selain itu pemerintah juga harus berpikir bagaimana caranya menghidupkan ekosistem Ulos mulai dari penyediaan bahan baku tradisional sehingga kemudian menyejahterakan penenun Ulos atau perajin Ulos (termasuk pemasarannya).

"Kita harus melakukannya berkelanjutan seberapa sering dilakukan, siapa yang melakukan dan bagaimana orang bisa mengakses inventaris itu, apakah bentuknya kajian atau artikel," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU