Jokowi Izinkan Asing Ambil Benda Berharga dari  Bawah Laut RI
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
News
Nasional

Jokowi Izinkan Asing Ambil Benda Berharga dari Bawah Laut RI

Kamis, 04 Maret 2021 10:31 WIB 04 Maret 2021, 10:31 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Jokowi mengizinkan investasi asing untuk membuka usaha pengangkatan benda berharga dari muatan kapal yang tenggelam di bawah laut RI.

Hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Dalam perpres tersebut, salah satu bidang usaha yang terbuka untuk asing adalah pengangkatan benda berharga dari muatan kapal yang tenggelam.

"Dari 20 bidang usaha, 6 ditutup, 14 dibuka. Dibuka ada syarat khusus. Dari 20, 14 yang dibuka (salah satunya) pengangkatan berharga muatan kapal tenggelam," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Selasa (2/3).

Namun pemerintah menetapkan syarat-syarat khusus secara ketat untuk bidang usaha tersebut. Oleh karena itu, asing juga tidak mudah untuk mendapat izin.

"Untuk peninggalan sejarah dan barang-barang purbakala, bisa dibangun tapi harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, tidak langsung masuk OSS kemudian izin didapatkan," terang dia.

OSS atau online single submission merupakan sistem dimana perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

"Harus ada syarat-syarat notifikasi dan syarat itu tidak gampang karena bukan barang-barang sembarangan, semakin bagus barang semakin syaratnya bagus," sebut dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US