Sumut Pulangkan 14 Ekor Burung Endemik Maluku ke Habitat Asalnya
Sejumlah burung endemik Maluku dipulangkan ke habitat asalnya. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Sumut Pulangkan 14 Ekor Burung Endemik Maluku ke Habitat Asalnya

Kamis, 13 Agustus 2020 17:28 WIB 13 Agustus 2020, 17:28 WIB

INDOZONE.ID - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumut mengembalikan sejumlah burung endemik Maluku ke habitat asalnya.

Burung endemik Maluku sebanyak 14 ekor itu terdiri dari 6 ekor Kakatua Seram (Gratua Moluccensis), 7 ekor Nuri Merah Maluku (Eos Bornea) dan 1 ekor Nuri sayap hitam (Eos Cyanogea).

Kasubag Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut, Andoko Hidayat dalam keterangan resminya, Kamis (13/8) mengatakan burung-burung itu merupakan hasil penitipan Polrestabes Medan pada November 2018 dan titipan operasi gabungan antara KKP Bea Cukai Belawan, Karantina Pertanian Belawan dan Balai Gakkum Sumut pada April 2019 lalu.

"Sebelum dikembalikan ke Maluku, 14 ekor burung tersebut terus dirawat dan direhabilitasi di PPS Sibolangit. Lokasi yang merupakan bagian dari tangungjawab BBKSDA Sumut dalam upaya pelestarian satwa liar yang dilindungi," kata Andoko.

Andoko menjelaskan, nantinya burung-burung itu akan terlebih dahulu menjalani habilitasi di BKSDA Maluku sebelum dilepasliarkan di Taman Nasional Manusela.

"BBKSDA Sumut berharap satwa yang dikembalikan dapat dilepasliarkan dan berkembang biak, sehingga menambah jumlah populasinya di alam," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU