Masih Ingat Kasus Wanita Tagih Utang Lewat IG Story? Kini Dia Divonis Bebas Hakim PN Medan
Terdakwa Febi Nur Amelia mendengar amar putusan hakim PN Medan. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Masih Ingat Kasus Wanita Tagih Utang Lewat IG Story? Kini Dia Divonis Bebas Hakim PN Medan

Rabu, 07 Oktober 2020 14:19 WIB 07 Oktober 2020, 14:19 WIB

INDOZONE.ID - Febi Nur Amelia, wanita asal Medan ini sempat menjadi perbincangan warganet di media sosial. Dia menjadi terdakwa dalam kasus pelanggaran UU ITE setelah menagih utang kepada seorang yang dia sebut 'Bu Kombes' lewat Instastory pada Februari 2020 lalu.

Bu Kombes yang dimaksud adalah Fitriani Manurung. Wanita ini melaporkan Febi karena dianggap telah mencemarkan nama baiknya di media sosial setelah ia ditagih utang oleh Febi lewat Instastory.

Setelah melalui rangkaian persidangan, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Selasa (6/10) memberikan vonis bebas kepada terdakwa Febi.

Majelis hakim yang diketuai Sri Wahyuni dalam amar putusannya menyebut bahwa Febi tidak terbukti mencemarkan nama baik si Bu Kombes.

"Satu, menyatakan terdakwa Febi Nur Amelia tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan penuntut umum," tutur Sri Wahyuni.

“Dua, membebaskan terdakwa karena itu, dari dakwaan penuntut umum tersebut. Tiga, memulihkan hak terdakwa dalam kedudukan, harkat dan martabatnya," lanjut Sri Wahyuni.

Sementara itu, dalam pertimbangan hakim menyatakan bahwa Fitriani terbukti telah meminjam uang sebesar Rp70 juta kepada Febi. Meski sempat dibantah oleh Fitriani, namun hakim memiliki dua buktir transfer dari pihak Febi kepada suami Fitriani, yakni Kombes Pol Drs Ilsaruddin.

Tentu saja, putusan hakim ini berbanding terbalik dengan tuntutan yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta Febi dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara 2 tahun.

JPU telah mendakwa Febi karena telah melanggar asal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU ITE terkait pencemaran nama baik.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU