Pemerintah Pastikan Pekerja Kontrak dan Outsourcing Dapat Tunjangan Hari Raya
Ilustrasi uang rupiah. (ANTARA FOTO)
News
Nasional

Pemerintah Pastikan Pekerja Kontrak dan Outsourcing Dapat Tunjangan Hari Raya

Senin, 26 April 2021 11:47 WIB 26 April 2021, 11:47 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan pekerja dengan status kontrak Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Outsourcing (alih daya) berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh, pengusaha wajib membayar THR kepada pekerja pada H-7 Hari Raya Lebaran.

"THR Keagamaan wajib diberikan dalam bentuk uang rupiah dan paling lambat 7 hari sebelum hari raya," kata Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri dalam keterangan tertulis, Minggu (25/4).

Putri menyebutkan ada tiga jenis pekerja yang berhak mendapatkan THR. Pertama, pekerja yang memiliki masa kerja 1 bulan secara menerus atau lebih. Kedua, pekerja yang mengalami PHK terhitung sejak H-30 hari sebelum hari raya keagamaan.

Ketiga, pekerja yang dipindahkan ke perusahaan lain dengan masa kerja berlanjut, apabila dari perusahaan lama belum mendapatkan THR.

"THR wajib dibayar penuh dan tepat waktu. Dalam pembayaran THR tidak ada perbedaan status kerja. Para pekerja outsourcing maupun pekerja kontrak, asalkan telah bekerja selama 1 bulan atau lebih dan masih memiliki hubungan kerja pada saat hari keagamaan berlangsung, maka berhak mendapatkan THR juga," jelas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US