Tingkatkan Antusiasme Bercocok Tanam, Taput Tambah 300 Ha Areal Pertanaman Pisang Barangan
Pisang barangan merah Simangumban, Tapanuli Utara. (Antara)
News
Kab. Tapanuli Utara

Tingkatkan Antusiasme Bercocok Tanam, Taput Tambah 300 Ha Areal Pertanaman Pisang Barangan

Jumat, 05 Februari 2021 09:28 WIB 05 Februari 2021, 09:28 WIB

INDOZONE.ID - Pemkab Tapanuli Utara (Taput) melalui Dinas Pertanian menambah 300 hektare areal pertanaman pisang varietas barangan merah.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Taput, Sudarsono Manalu mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya mengakomodir sikap antusiasme bercocok tanam, serta merealisasikan wilayah Kecamatan Simangumban sebagai klaster pertanaman pisang.

"Di 2021 ini, areal pertanaman pisang barangan merah di Simangumban akan diperluas 300 ha lagi," ujar Sudarsono, dikutip dari Antara, Jumat (5/2).

Sudarsono menyebutkan penambahan areal yang dimaksud adalah menambah luasan areal pertanaman yang telah ada, yakni seluas 700 hektare di wilayah tersebut.

"Jadi target kita, di 2021, luasan areal pertanaman pisang menjadi 1.000 ha," terangnya.

Dikatakan, saat ini, antusias masyarakat petani untuk menekuni kegiatan pertanaman pisang barangan merah telah meluas ke wilayah tiga kecamatan lainnya di luat Pahae, yakni di Pahae Julu, Pahae Jae, dan Purbatua.

"Untuk kebutuhan bibit yang dibutuhkan, bibit unggul kultur jaringan telah dimohonkan kepada dinas terkait di propinsi," sebutnya.

Sementara, pihaknya akan memfokuskan langkah penanganan hama dan penyakit tanaman hortikultura.

"Jamur akar putih kerap menjadi hama yang menyerang tanaman pisang barangan merah, sehingga Distan Taput akan menggandeng petugas Penanganan Organisme Pengganggu Tanaman dari propinsi untuk penanganannya," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US