Stok Alat PCR dan APD di Nias Menipis, Akibatnya Kasus Covid-19 Terus Melonjak
Ilustrasi tes swab Covid-19. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
News
Kota Medan

Stok Alat PCR dan APD di Nias Menipis, Akibatnya Kasus Covid-19 Terus Melonjak

Kamis, 17 September 2020 15:35 WIB 17 September 2020, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias, Sumatera Utara sangat minim. Hal itu bisa terlihat dari stok alat PCR dan APD tenaga medis yang semakin menipis. Akibatnya, kasus infeksi virus corona di kawasan tersebut terus melonjak.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan sudah ada sekitar 106 warga Nias yang terinfeksi Covid-19 hingga sejauh ini.

Kemudian Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli, mengungkap bahwa meningkatkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah karena minimnya APD untuk tenaga medis dan alat PCR.

"Dan sekitar 20 tenaga kesehatan se-Kepulauan Nias terpapar covid-19," kata Bupati Sokhiatulo Laoli, pada rapat koordinasi dengan kepala daerah se-Kepulauan Nias di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (16/9).

Lebih lanjut lagi, Sokhiatulo mengatakan minimnya penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias karena sedikitnya persediaan alat rapid test dan reagensia PCR. Kondisi itu yang membuat penelusuran orang yang terinfeksi Covid-19 sangat lamban dilakukan.

Untuk itu, Sokhiatulo meminta kepada Gubernur Edy dapat lebih memperhatikan kondisi penanganan Covid-19 di Nias dan dapat memenuhi kekurangan peralatan APD dan PCR.

"Kita hanya periksa kepada pasien yang sudah bergejala berat. Saya sampaikan kepada Gubernur bahwa alat PCR yang kami butuhkan," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU