Zona Merah Covid-19 di Indonesia Hanya Tinggal 5 Daerah Saja
Ilustrasi tes swab Covid-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
News
Nasional

Zona Merah Covid-19 di Indonesia Hanya Tinggal 5 Daerah Saja

Rabu, 31 Maret 2021 08:50 WIB 31 Maret 2021, 08:50 WIB

INDOZONE.ID - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan saat ini hanya terdapat lima zona merah, atau daerah dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

Melansir Antara, Rabu (31/3), Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kabupaten/kota yang masuk sebagai zona merah terus menurun hingga 50 persen pada pekan terakhir Maret 2021.

"Catatan zonasi nasional mencatatkan capaian yang baik, jumlah kabupaten/kota zona merah terus menurun 50 persen yaitu dari 10 menjadi 5 kabupaten/kota," ujar dia.

Perkembangan positif ini, kata Wiku, harus terus ditingkatkan lagi agar daerah segera masuk ke zona hijau atau daerah yang tidak memiliki kasus baru Covid-19 dan tidak terdampak Covid-19.

Adapun peta risiko/zonasi Covid-19 dapat dilihat oleh masyarakat secara komprehensif di laman resmi www.covid19.go.id

Selain itu, ujar Wiku, penurunan status risiko juga terjadi pada zona oranye atau risiko sedang yakni dari 313 menjadi 301 kabupaten/kota. Meskipun demikian, Satgas mengingatkan bahwa terdapat kenaikan pada jumlah pada zona kuning atau risiko rendah dari 183 menjadi 201 kabupaten/kota.

Sementara zona hijau dengan tidak ada kasus baru Covid-19 sebanyak 6 kabupaten/kota dan zona hijau tidak terdampak Covid-19 sebanyak 1 kabupaten/kota.

“Melihat perkembangan ini, dapat disimpulkan bahwa fokus pengendalian Covid-19 terkini bagi sebagian besar pemerintah daerah kabupaten/kota adalah mengubah status daerahnya. Dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau. "Karena selama ini kita berfokus pada penekanan jumlah zona merah," ujar Wiku.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US