Tersandung Kasus Korupsi, Mantan Bendahara BNN Sumut Terancam 4 Tahun Penjara
Pengadilan Tipikor Medan sidangkan secara virtual terdakwa SYF (43) mantan Bendahara Pengeluaran pada BNN Provinsi Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/HO)
News
Kota Medan

Tersandung Kasus Korupsi, Mantan Bendahara BNN Sumut Terancam 4 Tahun Penjara

Jumat, 06 Agustus 2021 10:05 WIB 06 Agustus 2021, 10:05 WIB

INDOZONE.ID - Mantan bendahara pengeluaran pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terancam empat tahun penjara atas korupsi sebesar Rp756,5 juta pada anggaran di tahun 2017 lalu.

SYF tidak dapat mempertanggungjawabkan keuangan dan saat itu diketahui ada 36 pembayaran fiktif yang dilakukannya. 

Mengutip dari Antara, Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Medan, dalam sidang tuntutan secara virtual di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (5/8/2021), menyebutkan terdakwa diwajibkan membayar denda Rp200 juta atau subsider enam bulan kurungan.

Selain itu, SYF juga harus membayar uang pengganti (UP) kerugian keuangan negara sebesar Rp756.530.060. Setelah satu bulan perkaranya berkekuatan hukum tetap tidak dibayar, maka harta benda terdakwa disita dan dilelang.

"Jika harta terdakwa tidak mencukupi untuk menutupi UP kerugian keuangan negara tersebut, maka diganti dengan pidana dua tahun penjara," ucap Tim JPU.

JPU mengatakan, SYF melanggar Pasal 8 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang telah diubah dengan UU Nomora 20 Tahun 2021 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Adapun hal-hal yang memberatkan SYF yaitu tidak sejalan dengan program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Sedangkan hal-hal yang meringankannya, dia menyesali perbuatan tersebut, tidak pernah dihukum, dan masih memiliki tanggungan keluarga.

Sidang perkara kasus korupsi yang dipimpin Majelis Hakim diketuai Syafril Batubara rencananya akan dilanjutkan Kamis depan (12/8) untuk mendengarkan nota pembelaan (pledoi) terdakwa atas tuntutan Tim JPU dari Kejari Medan.

Artikel Menarik Lainnya:

Laka Maut di Tebingtinggi, Pemotor Tewas Terlindas Bus, Sopir Melarikan Diri
Sembunyikan Sabu di Atas Seng, Pria di Tebing Tinggi Tak Luput dari Kejaran Polisi
Selain untuk Pembungkus Makanan, Ketahui Manfaat Lain Daun Pisang
 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US