Walkot Bobby Sebut Pemprov Sumut Utang Rp433 Miliar ke Pemko Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Instagram/bobbynst)
News
Kota Medan

Walkot Bobby Sebut Pemprov Sumut Utang Rp433 Miliar ke Pemko Medan

Selasa, 22 Juni 2021 13:36 WIB 22 Juni 2021, 13:36 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan tidak memenuhi target yang ditetapkan, yakni sebesar Rp4,75 triliun. Selain itu, Pemprov Sumut juga berutang hingga ratusan miliar rupiah ke Pemko Medan.

Adapun salah satu faktor yang mengakibatkan tidak terpenuhinya target tersebut karena adanya kebijakan pembatasan jam operasional usaha di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 berakibat turunnya pendapatan pajak maupun retribusi daerah," kata Bobby melansir Antara, Selasa (22/6).

Selain itu, adanya kebijakan rasionalisasi transfer keuangan daerah dan dana desa oleh pemerintah pusat juga menjadi faktor tidak terpenuhinya target PAD yang ditetapkan.

Pemko Medan mencatat total pendapatan daerah selama 2020 sebesar Rp4,12 triliun yang terdiri dari PAD Rp1,5 triliun, pendapatan transfer Rp2,57 triliun, dan pendapatan yang sah Rp133,17 miliar.

"Hingga akhir Desember 2020, dana bagi hasil pajak dari Pemprov Sumut yang belum ditransfer, sehingga pemprov memiliki utang sebesar Rp433,86 miliar," sebut Bobby.

Bobby mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya demi menekan kebocoran PAD, yakni dengan melakukan pengawasan dengan membentuk tim monitoring dan evaluasi terhadap kinerja aparat pengelola pajak daerah.

Selain itu, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan juga telah memasang tapping box atau alat monitoring transaksi usaha pada mesin kasir.

"Menghindari kebocoran pajak, kami secara berkala juga memeriksa wajib pajak menguji kepatuhan di pelaporan SPTPD (surat pemberitahuan terutang pajak daerah) dengan melaporkan hasil penjualan," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US