Luncurkan Sistem Parkir Nontunai, Bobby: Jangan Ada Lagi Jukir 'Ninja' di Medan
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution saat mencoba pembayaran parkir nontunai di Jalan Zainul Arifin, Senin (18/10). (ANTARA/Andika Syahputra)
News
Kota Medan

Luncurkan Sistem Parkir Nontunai, Bobby: Jangan Ada Lagi Jukir 'Ninja' di Medan

Senin, 18 Oktober 2021 15:18 WIB 18 Oktober 2021, 15:18 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution menilai juru parkir (jukir) yang bertugas mengutip retribusi parkir tepi jalan umum bertindak seperti ninja. Pasalnya, muncul ketika hendak mengutip uang parkir, sementara pengendara dibiarkan memarkirkan kendaraan sendiri.

"Kita rasakan selama ini banyak jukir kita mirip ninja. Datang tak terlihat pulang nampak. Ini saya pesankan kepada semua teman kita, ada dishub, ada jukir, pelayanan ini harus terbaik," katanya saat kegiatan peluncuran parkir nontunai di Jalan Zainul Arifin Medan, Senin (18/10/2021).

Oleh karena itu dengan pemberlakuan parkir nontunai, ia berharap tidak ada lagi jukir 'ninja' di Kota Medan.

"Jangan ada komentar masyarakat lagi tentang jukir ninja, masuk gak nampak, cuma disuruh parkir sendiri, pas pulang ngutip uang nampak, lari-lari dari ujung pun," tuturnya.

Ia pun berpesan, ke depan jukir harus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, dengan memberlakukan sistem parkir nontunai, masyarakat yang membayar retribusi parkir dapat memberikan penilaian secara langsung baik tentang pelayanan jukir ataupun besaran retribusi yang dikenakan kepada masyarakat.

Menantu Presiden Jokowi itu pun memastikan bahwa jukir yang selama ini bekerja dengan sistem konvensional akan tetap diberdayakan dan jukir yang bekerja dengan sistem nontunai akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BP Jamsostek.

"Jukir di lapangan resiko kerja tinggi, baik itu suasana dan iklim kerja, maka kami ingin menanggung kepastian kesehatan selama bekerja di lapangan, bagaimana BPJS kita optimalkan, semua jukir harus ditanggung BPJS-nya dan tetap menerima pendapatan per bulan selain share dari pendapatan perhari 20 persen, sama juga pendapatan pasti diberikan," bebernya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US