Dampak Virus Corona, Impor Sumut dari Tiongkok Diprediksi Turun
Menteri Pertanian melepas ekspor hasil pertanian Sumut yang antara lain berupa sarang burung walet ke RRT. (ANTARA/Evalisa Siregar)
News

Dampak Virus Corona, Impor Sumut dari Tiongkok Diprediksi Turun

Jumat, 28 Februari 2020 10:27 WIB 28 Februari 2020, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumut memprediksi impor barang Sumut dari Tiongkok turun. Hal ini sebagai dampak virus corona yang merebak di Tiongkok.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adiyaksa mengatakan pada tahun 2019 nilai impor Sumut dari Tiongkok mencapai 1,324 miliar dolar AS, namun pada tahun 2020 ini, jumlahnya diprediksi mengalami penurunan.

"Kalau pada 2019 nilai impor Sumut dari RRT masih sebesar 1,324 miliar dolar AS, maka pada tahun 2020 diprediksi turun akibat dampak Covid 19," ujar Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adiyaksa, di Medan, Kamis (27/2/2020).

Penyebab penurunan ini terjadi karena merebaknya virus corona (Covid 19). Barang-barang yang diimpor Sumut dari Tiongkok antara lain hortikultura, besi dan baja. Impor Sumut dari Tiongkok merupakan impor yang terbesar pada tahun 2019 dibandingkan impor dari negara lain.

"Selain impor, ekspor Sumut ke RRT juga akan terganggu di tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, ekspor Sumut ke Tiongkok mencapai 1.060 miliar dolar AS. Neraca perdagangan Sumut dengan Tiongkok pada tahun 2019 mengalami defisit. Hal ini karena jumlah impor lebih besar daripada jumlah ekspor.

"Neraca perdagangan Sumut dengan RRT di 2019 memang defisit. Lebih banyak impor dari ekspor," katanya menambahkan.

Sementara itu, pengamat ekonomi Wahyu Ario Pratomo menyebutkan dampak virus corona bisa menyebabkan neraca perdagangan Sumut mengalami defisit. Hal ini karena impor yang mengalami penurunan. Sedangkan ekspornya tetap.

"Impor dari RRT bisa menurun, sementara ekspor walau terganggu tidak terlalu drastis,"  katanya.

Wahyu mengakui merebaknya virus corona di Tiongkok dan negara lain sudah mengganggu perdagangan, investasi dan kedatangan wisatawan ke Sumut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US