KPK : Bantuan Sosial Masyarakat Terdampak Corona Harus Tepat Sasaran
Bantuan sosial berupa sembako bagi masyarakat terdampak wabah corona. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
News
Nasional

KPK : Bantuan Sosial Masyarakat Terdampak Corona Harus Tepat Sasaran

Rabu, 22 April 2020 16:17 WIB 22 April 2020, 16:17 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan Surat Edaran KPK Nomor 11 Tahun 2020, seluruh ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di berbagai sektor diingatkan untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) masyarakat terdampak corona secara tepat sasaran.

Adapun surat tertanggal 21 April 2020 itu menyerukan penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Alasan penggunaan DTKS karena sudah sesuai dengan data kependudukan di Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selain itu, pendataannya juga sudah valid, terferifikasi, dan diperbaharui secara berkala oleh Kementerian Sosial dan pemerintah daerah.

"Dengan DTKS maka penerima bantuan akan diketahui keberadaannya berdasarkan NIK sehingga tepat sasaran," ungkap Firli Bahuri, Ketua KPK, Rabu, (22/4/2020).

Firli juga menambahkan penting untuk menjaga ketepatan data terkait penyaluran bantuan sosial.

Di mana berdasarkan catatan KPK, pemerintah pusat sudah mengucurkan anggaran dana sebesar Rp 110 triliun untuk bantuan sosial masyarakat terdampak corona.

Sementara itu per tanggal 16 April 2020, total anggaran yang direalokasikan pemerintah daerah untuk bansos sebesar Rp 17,5 triliun.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US