Diduga Menipu Saudara Sepupu Hingga Rp4 M, Pengusaha di Langkat Ini Ditahan Polda Sumut
Ilustrasi uang. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Diduga Menipu Saudara Sepupu Hingga Rp4 M, Pengusaha di Langkat Ini Ditahan Polda Sumut

Senin, 05 Oktober 2020 13:54 WIB 05 Oktober 2020, 13:54 WIB

INDOZONE.ID - TA, seorang pengusaha dari PT PAM di Langkat ditahan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut karena diduga melakukan penipuan terhadap adik sepupu kandungnya, Ali Sutomo sebesar Rp4 miliar.

TA ditahan atas laporan korban yang tertuang dalam berkas laporan nomor LP/34/I/2020/Sumut/SPKT "I" tanggal 9 Januari 2020.

Di hadapan wartawan, Minggu (4/10), korban menjelaskan bahwa kasus ini berawal dari saat dirinya menjual sebidang lahan yang sudah dibangun sebuah kos-kosan di Jalan Gajah Mada Medan senilai Rp16 miliar kepada tersangka.

Kemudian oleh TA, lahan tersebut digadaikan beserta bangunannya ke Bank Danamon melalui PT PAM sebesar Rp16 miliar. Lalu uang itu dibayarkan kepada korban sebesar Rp11.820.000.000, dan sisanya Rp4.180.000.000 akan dibayarkan di kemudian hari.

"Tapi setelah saya bolak-balik menagih, sisa utangnya tidak kunjung dibayar dengan alasan yang macam-macam. Sehingga karena saya merasa telah ditipu, akhirnya saya melaporkan ke Polda Sumut dan tersangka sudah sekitar 1 Minggu mendekam di RTP Mapoldasu Sumut," ungkap Ali Sutomo.

Korban menduga bahwa uang sisa hutang tersangka itu telah dipakai untuk membeli rumah mewah di Komplek Cemara Asri dan juga untuk kebutuhan istri-istrinya.

Sementara itu, dari pengakuan seorang teman tersangka mengatakan bahwa TA yang dia kenal adalah seorang pengusaha sukses di Stabat, Langkat.

"Dia punya dua rumah mewah di Jalan Sempurna yang dihuni istri pertama dan kedua dan satu gudang PKS (pabrik kelapa sawit). Bahkan, kalau tidak salah ada 20 unit lebih mobil truk miliknya," kata dia yang tak mau disebut identitasnya.

Secara terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sumut, Kombes Irwan Anwar membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan penahanan terhadap tersangka TA.

"Benar, ditangani Subdit II, sekarang ditahan," kata dia.

Untuk diketahui, selama ini tersangka tinggal berpindah-pindah. Sebab, dia tinggal bersama ketiga istrinya yang masing-masing memiliki rumah sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US