Pengungsi Afganistan Bakar Diri di Medan, Humas Polda Sumut: Kita Dalami Motifnya
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi (ANTARA/HO)
News
Kota Medan

Pengungsi Afganistan Bakar Diri di Medan, Humas Polda Sumut: Kita Dalami Motifnya

Rabu, 01 Desember 2021 09:51 WIB 01 Desember 2021, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Humas Polda Sumatera Utara (Sumut) memberikan tanggapan terkait seorang pengungsi asal Afganistan yang nekat melakukan aksi bakar diri di Medan, Selasa (30/11/2021).

Kombes Hadi Wahyudi menyebut personel jajaran Polda Sumut akan turun tangan untuk menyelidiki motifnya.

"Kita akan dalami motifnya, saat ini petugas dari Polda maupun Polrestabes yang sedang mendalami. Termasuk ada beberapa saksi juga yang sudah kita mintai keterangan," katanya kepada wartawan, seperti yang dikutip Indozone Rabu (1/12/2021). 

Ia menuturkan saat ini da tiga orang yang telah dimintai keterangan. Sementara, pengungsi Afganistan tersebut, saat ini sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Medan.

"Jadi saat ini yang bersangkutan dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Medan untuk dilakukan tindakan-tindakan medis. Untuk yang korban atau pelaku yang membakar diri itu sendiri belum kita mintai keterangan karena kondisinya masih banyak luka bakar. Tapi kita sudah memeriksa tiga orang saksi," ujar Hadi.

Diekatahui pengungsi Afganistan yang melakukan aksi mengerikan itu bernama Ahmad Syah. Pria (22) itu membakar dirinya di depan kantor UNHCR, Gedung CIMB Niaga Medan, Jalan Imam Bonjol, Medan Petisah, Kota Medan saat ia dan pengungsi lain sedang menggelar aksi menginap di depan gedung itu. 

Aksi menginap itu sendiri sudah dilakukan selama 30 hari. Diduga Ahmad nekat melakukan aksi tersebut karena stres sudah 5 tahun belum mendapat kepastian dari UNHCR untuk ditempatkan di negara ketiga.

Beruntung saat ia membakar diri, beberapa pengungsi dan sekuriti langsung sigap memadamkan api hingga nyawanya selamat. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US