Kota Binjai Sedang Viral, Ini 5 Oleh-oleh Khasnya
Ilustrasi buah rambutan (Pixabay)
News
Kota Binjai

Kota Binjai Sedang Viral, Ini 5 Oleh-oleh Khasnya

Minggu, 24 Oktober 2021 15:19 WIB 24 Oktober 2021, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Kota Binjai baru-baru ini sedang viral. Pasalnya seorang pengguna TikTok bernama Parispernandes selalu menyebutkan istilah 'salam dari Binjai' dalam setiap unggahan videonya. 

Istilah itu lantas membuat Kota Binjai menjadi perbincangan warganet. Banyak warganet yang penasaran tentang Kota Binjai.

Kota Binjai sendiri merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Letaknya 22 kilometer di sebelah barat Kota Medan. Binjai berbatasan langsung dengan kabupaten langkat di sebelah barat dan utara, serta berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan.

Kota ini sering dijuluki kota rambutan. Hal ini dikarenakan buah rambutan menjadi oleh-oleh khas kota tersebut.

Namun tak hanya rambutan, Kota Binjai juga memiliki oleh-oleh lainnya. Yuk simak informasi seputar oleh-oleh khas kota Binjai berikut!

1. Buah rambutan 

Buah rambutan Binjai
Buah rambutan Binjai (Instagram/Bajumurahsolo)

Buah rambutan Binjai memang terkenal berbeda dari rambutan di wilayah lainnya. Rambutan di Binjai memiliki warna merah legam dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, daging buahnya tebal dengan bijinya yang kecil.

Soal rasanya, jangan ditanya, rambutan Binjai terkenal manis dan harum. Hal ini dikarenakan bibit rambutan yang biasa ditanam petani Binjai merupakan bibit unggul. 

2. Sirup Rambutan

Sirup rambutan Binjai
Sirup rambutan Binjai (Instragram/Bakulanmomshaka)

Tak hanya buahnya, olahan rambutan berbentuk serupa juga bisa kamu 
bawa pulang dari Kota Binjai. Sirup rambutan Binjai dibuat dari buah rambutan asli dengan rasa manis yang segar. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh ini  di beberapa tempat maupun supermarket.

3. Manisan jambu

Manisan jambu Binjai
Manisan jambu Binjai (Instagram/Manisanjambushaina)

Manisan Jambu, salah satu oleh-oleh yang bisa didapatkan di pinggir-pinggir jalan. Rasanya segar, manis dan renyah.

Begitu nikmat bila dimakan saat berjalan-jalan santai bareng teman ataupun keluarga. Agar awet kamu bisa membeli manisan jambu yang dalam kondisi utuh, ya bisa bertahan sampai tiga hari.

4. Bakpao Binjai

Bakpao Binjai
Bakpao Binjai (Instagram/Blink_safe)

Bakpao memang bukan berasal dari Binjai. Tapi di Binjai ada olahan bakpao yang sangat lezat. Tempatnya berada di Bakpao Pochu Binjai Jalan Tuanku Imam Bonjol.

Disana baksonya  memiliki rasa yang beragam. Ada rasa cokelat, rasa selai buah, rasa daging, dan lainnya.

5. Kerajinan Bambu

Ilustrasi kerjainan bambu Binjai
Ilustrasi kerjainan bambu Binjai (Instagram/Kerajinanbambubali)

Kerajinan bambu adalah oleh-oleh yang paling terkenal dari wilayah ini. Bahan kerajinan bambu dari Binjai sudah menembus pasar luar negeri.

Kerajinan ini banyak diminati oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Karena itulah  masyarakat Binjai mulai menjadikan kerajinan bambu ini sebagai oleh-oleh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US