PSBB Kembali Berlaku, Ini Permintaan Pengusaha Bioskop ke Pemerintah
Ilustrasi Bioskop. / istimewa
News
Nasional

PSBB Kembali Berlaku, Ini Permintaan Pengusaha Bioskop ke Pemerintah

Sabtu, 12 September 2020 11:40 WIB 12 September 2020, 11:40 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali memberlakukan pembatasan sosial berkala besar (PSBB) Senin (14/9) mendatang dan sejumlah kawasan lain di Indonesia juga melakukannya. Tentunya hal ini akan berimbas tak baik bagi pelaku bisnis, salah satunya perusahaan bioskop.

Ketua Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Sjafruddin mengakui dengan penutupan bioskop dalam waktu berbulan-bulan merupakan hal tak baik bagi pengusaha dan menghasilkan kerugian besar. 

"Kerugiannya sangat besar, saya yakin sudah mencapai triliunan, tapi angka pastinya belum ada, karena datanya ada di manajemen (bioskop) masing-masing," katanya, Sabtu (12/9).

Namun begitu, Djonny berharap, nantinya ketika bioskop bisa beroperasi kembali, pemerintah bisa memberikan keringanan pajak hiburan. Hal ini untuk meringankan para pengusaha agar bisa 'bernafas' memulihkan bisnisnya.

Menurutnya, setiap daerah memiliki aturan sendiri pada pengenaan pajak hiburan, karena bioskop menjadi salah satu objek pajak. Umumnya dasar regulasinya adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. 

"Kami minta bebaskan pajak hiburan 1 tahun, kan ada pajak hiburan untuk pendapatan asli daerah, itu aja dulu bebaskan 1 tahun," kata dia. 

Djonny menyakini, dengan keringanan pajak tersebut maka akan membantu percepatan pemulihan industri kreatif tersebut. 

"Lumayanlah (membantu). Jadi ini supaya kami bisa pemulihan dulu, makannya satu tahun berikan kesempatan untuk recovery," katanya. 




Artikel menarik lainnya : 

Tank TNI AD Hantam Gerobak, Polisi: Kecelakaan Biasa Saja

Seorang Ibu Terjungkal Keluar Angkot yang Sedang Berjalan, Nyaris Ditabrak Motor

Miris! Toyota 86 Ini Hancur Ringsek Usai Tabrak Pagar Asrama TNI

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US