Jebolnya Tebing Sungai Jadi Penyebab Banjir di Tanjung Selamat, Itu kata Menteri PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono meninjau lokasi banjir di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Senin. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
News
Kab. Deli Serdang

Jebolnya Tebing Sungai Jadi Penyebab Banjir di Tanjung Selamat, Itu kata Menteri PUPR

Senin, 07 Desember 2020 16:31 WIB 07 Desember 2020, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono meninjau lokasi banjir di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Senin (7/12/2020).

Bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Basuki berjalan kaki melihat langsung kondisi rumah di Peruhaman De Flamboyan yang masih digenangi air dan lumpur.

"Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk meninjau ke sini, karena dari pemberitaan di sini ada korban jiwa. Bukan hanya di sini, di beberapa daerah juga mengalami banjir," kata Basuki dilansir dari Antara.

Ia mengatakan bahwa pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan beberapa perbaikan kondisi sungai di antaranya memperkokoh tebing sungai agar tidak jebol.

Menurut dia, banjir disebabkan jebolnya tebing lantaran tidak dikerjakan dengan baik. Tebing sungai tidak dipadatkan sehingga jebol saat arus sungai deras.

"Ini kita lihat bahwa tebing sungainya tidak dikerjakan dengan baik dan tidak dipadatkan. Nanti akan kita padatkan," ujarnya. 

Kementerian PUPR bersama Pemrov Sumut juga akan melakukan normalisasi sungai dan pemadatan bantaran sungai.

"Ini kan tiga sungai ini, Sungai Deli, Sungai Belawan dan Sungai Percut, ini tiga sistem yang selalu melewati Medan. Kita akan normalisasi dan kita sudah punya desainnya," katanya.

Sebelumnya, banjir yang merendam ratusan rumah di Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat sejak Jumat dini hari mengakibatkan enam orang meninggal dunia.


Artikel menarik lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US