2 Juta Guru Honorer Akan Terima Subsidi Upah Rp1,8 Juta, Cek Link info.gtk.kemdikbud.go.id
Ilustrasi guru. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
News
Nasional

2 Juta Guru Honorer Akan Terima Subsidi Upah Rp1,8 Juta, Cek Link info.gtk.kemdikbud.go.id

Minggu, 22 November 2020 18:09 WIB 22 November 2020, 18:09 WIB

INDOZONE.ID - Kemendikbud akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) Rp1,8 juta kepada sebanyak 2 juta tenaga pendidik non PNS alias honorer. BSU itu akan diberikan secara bertahap hingga akhir November 2020.

"Bantuan subsidi upah untuk membantu para ujung tombak pendidikan yang telah berjasa membantu pendidikan anak-anak kita," kata Mendikbud, Nadiem Makarim dalam keterangan resminya, Minggu (22/11).

Nadiem merincikan, jumlah 2 juta honorer itu terdiri dari 162.000 dosen perguruan tinggi negeri dan swasta, 1,6 juta guru atau pendidik negeri dan swasta, serta 237.000 tenaga perpustakaan, laboratorium, dan administrasi.

Untuk itu, Nadiem berharap BSU dapat melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi tenaga pendidik, mulai dari dosen, guru, kepala sekolah, tenaga pengelola laboratorium, dan tenaga administrasi non-PNS.

Informasi terkait BSU Rp1,8 juta itu bisa dilihat melalui tautan info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id. Atau bisa juga melihat Instagram Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud RI di akun ditjen.gtk.kemdikbud.

Berikut beberapa syarat dan mekanisme dalam pencarian BSU Rp1,8 juta dari Kemdikbud.

A. Syarat penerima BSU Rp1,8 juta

  • WNI
  • Berstatus non PNS
  • Tidak menerima bantuan subsidi upah/gaji dari Kemenaker sampai 1 Oktober 2020
  • Tidak menerima kartu prakerja sampai 1 Oktober 2020
  • Menerima penghasilan kurang dari Rp 5 juta per bulan

B. Mekanisme pencairan BSU Rp1,8 juta

  • Kemdikbud akan membuat rekening baru bagi penerima BSU. Informasi terkait status pencairan, rekening, dan lokasi bank penyalur bisa dilihat di tautan info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id.
  • Kemudian, penerima BSU harus menyiapkan dokumen yang terdiri dari KTP, NPWP jika ada, surat keputusan penerima BSU yang dapat diunduh di Info GTK dan PD Dikti, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diunduh di Info GTK dan PD Dikti.
  • Nantinya, penerima BSU harus membawa dokumen yang diperlukan agar dapat diperiksa petugas di bank penyalur.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US