Sudah Setahun Bertugas, DPRD Kota Medan Baru Hanya Mengeluarkan  1 Perda Saja
Gedung DPRD Kota Medan. (Google Maps)
News
Kota Medan

Sudah Setahun Bertugas, DPRD Kota Medan Baru Hanya Mengeluarkan 1 Perda Saja

Minggu, 20 September 2020 15:57 WIB 20 September 2020, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Tepat pada 16 September 2020, anggota DPRD Medan periode 2019-2014 sudah genap setahun bertugas. Selama waktu tersebut, DPRD Medan yang terdiri dari 50 anggota dewan itu baru hanya mengeluarkan satu peraturan daerah (perda) saja.

Adapun satu perda yang keluarkan itu, yakni Peraturan Daerah (Perda) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Medan Akhir Tahun Anggaran 2019. Sebuah perda yang hanya dipakai di waktu tertentu.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Medan, Edwin Sugesti Nasution mengakui bahwa pihaknya baru bisa mengeluarkan satu perda, yakni LKPJ.

Menurut dia, hal itu bisa terjadi lantaran adanya pandemi Covid-19 yang membuat pembahasan ranperda menjadi tertunda.

"Sebenarnya saat ini ada 4 ranperda yang dibahas oleh masing-masing komisi. Cuma memang belum ada yang selesai, pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu alasannya," kata Edwin.

Bagi Edwin, produktifitas anggota DPRD Medan tidak bisa dinilai dari seberapa banyak jumlah Perda yang sudah disahkan.

"Persoalan lain itu ada di masing-masing komisi, kalau hanya dilihat dari jumlah Perda memang hanya satu yang baru dihasilkan. Sebenarnya kalau 4 ranperda yang dibahas oleh masing-masing komisi rampung, kita akan masuk ke pembahasan 4 ranperda lainnya," ujar dia.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini, DPRD Medan akan melakukan pengesahan ranperda tentang P-APBD 2020. Kemudian, satu dari 4 ranperda yang masih dalam proses pembahasan adalah ranperda RTRW (Rancangan Tata Ruang Wilayah).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US